Senin 28 Jan 2019 12:42 WIB

Sembilan Pabrik di Indonesia Siap Swasembada Gula

PT Rejoso Manis Indo di Blitar meningkatkan produksi gula hingga 20 ton cane per day

Red: EH Ismail
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro saat mengunjungi pabrik PT Rejoso Manis Indo di kabupaten Blitar, Jawa Timur
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro saat mengunjungi pabrik PT Rejoso Manis Indo di kabupaten Blitar, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Sembilan pabrik gula baru di Indonesia siap memperkuat produksi gula nasional. Salah satunya pabrik PT Rejoso Manis Indo di kabupaten Blitar, Jawa Timur, siap meningkatkan produksi gula hingga 20 ton cane per day (TCD), dengan rata-rata produksi gula kualitas tinggi sebanyak 1.600 ton per hari. Jumlah ini dinilai realistis dan sejalan dengan cita-cita swasembada pada 2020 mendatang.

"Saya kira swasembada gula pada 2020 bisa terwujud. Tetapi kita juga memiliki tantangan menjawab kebutuhan gula masyarakat kita yang terus bertambah. Nah, kebutuhan mereka ini harus kita penuhi," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro  dalam kunjungannya, Sabtu (26/1).

Syukur menjelaskan, peningkatan produksi ini juga bagian dari yang diharapkan Presiden Joko Widodo sesuai amanat Nawacita. Ia mengatakan, kemampuan produksi dalam negeri harus meningkat dari jumlah awal yang hanya 2 juta ton menjadi berlipat-lipat.

"Saat ini menurut survei lahan yang saya terima, lahan tebu yang sudah digunakan mencapai kurang lebih 18 ribu hektar di seluruh Kabupaten Belitar. Nah, kami berharap ke depan adanya pabrik ini, mampu membuka lahan lain untuk meningkatkan produksinya," ujarnya.