Rabu 20 Feb 2019 11:20 WIB

Transaksi E-Commerce di Indonesia Perlu Ditingkatkan

Pasar e-commerce Indonesia mengalami kenaikan 500 persen dalam empat tahun terakhir

ecommerce
ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transaksi e-commerce di Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Saat ini pertumbuhannya masih di bawah 10 persen dibandingkan dengan pertumbuhan pengguna internet yang sudah mencapai 50 persen.

"Kami mencatat terdapat 31,6 juta pembelian melalui e-commerce, jumlah ini tidak sampai separuh pengguna internet yakni sebanyak  140 juta pengguna," kata Ignatius Untung  selaku Ketua umum idEA di Jakarta, Rabu (20/1).

Baca Juga

Dia menjelaskan rata-rata belanja pengguna dalam setahun, yaitu satu juta sampai 1,5 juta. Jumlah transaksi ini terlalu sedikit untuk pasar yang besar seperti di Indonesia.

Pasar e-commerce di Indonesia merupakan  terbesar terutama di Asia Tenggara. "Bahkan dalam  dalam empat tahun terakhir mengalami kenaikan sebanyak 500 persen" ungkap Untung.

"Saya kira di tahun 2020 mendatang pasar e-commerce Indonesia akan mampu mencapai 12 miliar transaksi," ujar Untung.

Hambatan dalam industri e-commerce, menurut Untung, konsumen e-commerce banyak yang belum pindah transaksi dari offline ke online. Juga kualitas produk masih belum konsisten, serta belum ada standar mutu untuk sebuah produk.

"Kurangnya kepercayaan pengguna dengan pasar online dalam berbelanja menjadi faktor terbesar yang menghambat pertumbuhan transaksi e-commerce selama ini," kata Untung.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement