Kamis 02 May 2019 07:38 WIB

Pemda Berperan Capai Sustainable Development Goals

Pemda sangat penting untuk memastikan implementasi pelayanan publik.

Rep: Muhammad Tiarso Baharizqi/ Red: Budi Raharjo
Lokakarya Kajian Kapasitas Yurisdiksi Sub-Nasional dalam Pencapaian SDGs di Jakarta.
Lokakarya Kajian Kapasitas Yurisdiksi Sub-Nasional dalam Pencapaian SDGs di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah daerah (pemda) memiliki peran strategis dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) sejalan dengan desentralisasi. Terlebih Indonesia sudah berkomitmen untuk menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs ini yang menjadi agenda internasional berkaitan dengan lingkungan, sosial dan ekonomi.  

Staf Ahli Menteri PPN/Kepala Bappenas bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan yang juga Kepala Sekretariat Nasional SDGs, Amalia Adininggar Widyasanti, mengatakan keberhasilan mencapai tujuan SDGs membutuhkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan. Terutama kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi dan praktisi, serta organisasi masyarakat dan media.

 

“Peran strategis pemerintah daerah dalam pencapaian SDGs sangat penting untuk memastikan implementasi pelayanan publik dan indikator SDGs berjalan baik di tingkat lokal,” ungkap Amalia usai Lokakarya Kajian Kapasitas Yurisdiksi Sub-Nasional dalam Pencapaian SDGs di Jakarta.