Selasa 21 May 2019 16:22 WIB

BI Siapkan Uang Tunai Rp 13,7 Triliun di Sukabumi

BI menyediakan uang tunai Rp 24,4 triliun untuk melayani kebutuhan warga Jabar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Bank Indonesia
Foto: Prayogi/Republika
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai sebesar Rp 24,4 triliun untuk melayani kebutuhan warga Jawa Barat (Jabar) dalam menghadapi hari raya Idul Fitri. Sementara untuk Sukabumi disediakan uang tunai sebesar Rp 13,7 triliun.

"Menghadapi hari raya biasanya kebutuhan uang tunai tinggi dan siklusnya pada hari raya dan tahun baru meningkat,’’ ujar Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Jabar Imanudin Sahabat kepada wartawan di sela-sela launching mobil layanan penukaran uang terpadu di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Selasa (21/5). Di mana khusus pada hari raya secara nasional BI menyediakan Rp 218 triliun.

Baca Juga

Sementara untuk kebutuhan hari raya warga Jabar uang tunai yang disediakan mencapai Rp 24,4 triliun. Khusus untuk Sukabumi di luar Cirebon dan Tasikmalaya uang tunai yang disediakan sebesar Rp 13,7 triliun.

Menurut Imanudin, permintaan uang tunai di Kota Sukabumi cukup besar. Kondisi ini menunjukkan kota tersebut memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di atas rata rata Jabar yakni 5,73 persen.