Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Usia Pasangan Pengaruhi Keberhasilan Program Bayi Tabung

Ahad 14 Jul 2019 23:31 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Bayi tabung (ilustrasi)

Bayi tabung (ilustrasi)

Foto: Foto : Mardiah
Usia muda memperbesar potensi keberhasilan program bayi tabung.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr Ivan Rizal Sini SpOG mengungkapkan usia ideal untuk melakukan program bayi tabung. Ia menyebutkan bahwa perempuan berusia muda memiliki potensi lebih besar untuk sukses menjalankan program bayi tabung.

"Tingkat keberhasilan bayi tabung dapat mencapai 70 persen bila dilakukan pada wanita berumur di bawah 35 tahun," jelaspria yang juga menjabat sebagai President Director Morula IVF Indonesia saat menggelar "Biennial Meeting 2019" di Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad malam.

Baca Juga

Menurut Ivan, perempuan dengan usia di bawah 38 tahun memiliki potensi 50 persen keberhasilan. Sementara itu, jika usia pasiennya di atas 40 tahun, hanya memiliki potensi keberhasilan 10 persen sampai 15 persen.

Ivan menjelaskan, hal yang sama berlaku untuk pria. Ia mengungkapkan, seiring bertambahnya usia, kualitas sperma tidak bagus.

"Program bayi tabung ini agar berhasil mesti diulang, potensi keberhasilannya bisa meningkat pada program kedua ataupun ketiga kalinya," kata Ivan.

Ivan menyebutkan, Klinik Morula IVF Indonesia yang sudah berdiri sejak 21 tahun lalu hingga kini sudah berhasil menghasilkan 4.100 bayi tabung. Pada tahun 2018, tercatat sebanyak 4.375 pasangan menjalani program bayi tabung di Klinik Morula IVF Indonesia.

Angka tersebut berkontribusi 40 persen dari seluruh layanan klinik bayi tabung di wilayah Indonesia. Morula IVF Indonesia adalah bagian Grup Kesehatan (Bundamedik Healthcare System) BMHS yang fokus dalam pengembangan klinik bayi tabung.

Kini, dengan adanya teknologi canggih di Morula IVF Indonesia, menurut Ivan, itu akan semakin membantu para dokter kandungan untuk mengetahui peningkatan prestasi keberhasilan kehamilan.

"Untuk program bayi tabung di Morula IVF Indonesia memiliki biaya bervariasi mulai dari Rp 50 juta yang tergantung dari penanganan kasus setiap pasien," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile