Ahad 04 Aug 2019 09:24 WIB

Startup Dapat US$13 Juta, Setelah Itu Apa Rencananya?

Ralali.com meraup investasi US$13 Juta.

Rep: Annisa Nurfitriyani(Warta Ekonomi)/ Red: Annisa Nurfitriyani(Warta Ekonomi)
Setelah Dapat Pendanaan  US$13 Juta, Begini Rencana Ralali.com. (FOTO: Annisa Nurfitriyani)
Setelah Dapat Pendanaan US$13 Juta, Begini Rencana Ralali.com. (FOTO: Annisa Nurfitriyani)

PT Raksasa Laju Lintang pengelola Ralali.com platform B2B marketplace online yang bertujuan membantu bisnis membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia ini menghadirkan Business Inovation Group (BIG). BIG bertujuan untuk memudahkan pencarian kebutuhan usaha UMKM.

Di Indonesia, UMKM tidak memiliki akses pemerataan dalam pemenuhan kebutuhan, pembiayaan, logistik dan kebutuhan usaha lainnya dikarenakan UMKM tidak memiliki skala ekonomi dan teknologi untuk mengelola serta merekam data. Dengan jumlah lebih dari 60 juta UMKM di negara ini, hanya 8% di antaranya yang sudah melek digital. Menyadari hal tersebut, Ralali.com memiliki misi untuk dapat berkontribusi melalui teknologi.

CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan sejak tahun 2018 hingga saat ini ada enam kategori BIG yakni BIG Resto untuk usaha kuliner dan jasa makanan, BIG Office untuk usaha perkantoran, BIG Auto untuk usaha otomotif, Big Home untuk usha bahan bangunan, BIG Mart untuk usaha kebutuhan FMCG dan BIG Market untuk usaha retail.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan pemberdayaan kepada sebanyak 500 ribu UMKM. Dan, diharapkan pada akhir tahun ini angka tersebut akan tumbuh dua kali lipat menjadi 1 juta UMKM.

“Targetnya 1 juta UMKM tahun ini. Sekarang sudah 500 ribu, growth paling cepat tahun ini karena perkembangannya masif banget,” ujar pria yang akrab disapa Adit tersbut, di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Baca Juga: Berdayakan Sejuta UMKM, Ralali Bekali Sobat Agent dengan Asuransi

Guna mewujudkan hal tersbut, Adit pun mengungkapkan bila Ralali.com berniat untuk menambah dua kategori BIg yakni BIG Beauty dan Big Fashion. “Kita juga tertarik agriculture, ini nanti kita akan kolaborasi,” terangnya.

Sebagai informasi,  perusahaan telah meraih pendanaan sebesar US$13 juta. Investasi seri C Ralali.com ini dipimpin oleh Arbor Ventures (Singapura), TNB Aura (Singapura) dan founder dari ZIGExN Co., Ltd., Mr Jo Hirao (Jepang), dengan partisipasi dari AddVentures (Thailand) dan Qualgro (Singapura) sebagai investor pendahulu. Ralali.com berencana menggunakan pendanaan untuk memudahkan, memperluas dan memperkuat UMKM Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan usaha.

Baca Juga: Mantap, Ralali.com Raih Pendanaan US$13 Juta

Saat ini Ralali.com menghubungkan 12.000 pemasok termasuk brand besar seperti Unilever Food Solutions, PaperOne, Asus, Siam Cement Group, P&G, Unil Opal dengan lebih dari setengah juta UMKM di seluruh Indonesia sebagai penggunanya. Menawarkan one-stop-solution berbasis teknologi termasuk web dan aplikasi mobile untuk melakukan pemesanan, Ralali.com sekarang menyediakan solusi pemenuhan kebutuhan usaha dan pembiayaan untuk UMKM.

“Misi kami adalah membantu UKM tradisional bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital. Pendanaan ini akan membantu kami meningkatkan teknologi dan tim kami untuk melayani jutaan UMKM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan usaha mereka melalui platform digital Ralali.com. Dengan menjadi super app, pembeli dengan segmen usaha spesifik dapat menemukan solusi yang terkurasi untuk produk kebutuhan usaha, pembiayaan dan logistik yang relevan dengan usaha masing-masing,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement