Sabtu 24 Aug 2019 16:46 WIB

Beribadah dengan Ilmu

Islam mewajibkan umatnya senantiasa belajar dan mencari ilmu.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko
Pendidikan/Ilustrasi
Pendidikan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam mewajibkan umatnya senantiasa belajar dan mencari ilmu. Pasalnya, ilmu ibarat penerang dalam kegelapan serta petunjuk dari kesesatan. Dalam QS al-Isra ayat 36, Allah pun melarang hambanya melakukan sesuatu yang ilmunya tidak dikuasai.

"Dan Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguh nya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya." Ustaz Amir Faishol Fath mengatakan, ilmu berbeda dengan tausiyah. Ilmu merupakan hal yang telah dikaji secara benar sedangkan tausiyah adalah perkataan atau karangan ustaz. "Jadi, yang membuat seseorang istiqamah di jalan Allah yaitu ilmu," ujarnya dalam Majelis Qurani Fath di Masjid Al Falah, Bambu apus, Jakarta, belum lama ini.

Ia menyebutkan, dalam beberapa surah di Alquran, Allah sudah menegaskan pentingnya serta keutamaan berilmu. Dalam surah Fathir ayat 28 contohnya, Allah berfirman, "Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama."

Ustaz Amir menambahkan, umat Islam juga harus membedakan antara ilmu dengan pengalaman. Misal, seseorang melakukan shalat Tahajud bukan karena ilmu, melainkan karena mendengar orang lain mendapatkan rezeki berlimpah setelah shalat Tahajud. "Itu bukan ilmu, itu pengalaman. Agama ini bukan pengalaman, tapi perintah Allah," ujar dia.

Menurut dia, selama ini banyak orang salah paham karena menganggap ketaatan kepada Allah akan membuatnya kaya. Itu namanya menjalankan agama secara pragmatis. Begitu pula dengan bersedekah, banyak orang melakukan sedekah supaya mendapatkan keuntungan atau supaya disembuhkan dari penyakit. "Akhirnya sedekah yang dilakukan bukan karena ilmu, tapi karena ikut-ikutan," kata Ustaz Amir.

Dirinya menegaskan, perintah Allah adalah perintah Allah, jangan dihubung-hubungkan dengan manfaat lainnya. Mau kaya mau miskin, mau dalam keadaan sulit atau dalam keadaan jaya, ibadah tetap harus dilakukan karena Allah. "Bila beribadah diidentikkan de ngan kepentingan, maka akhirnya akan mudah putus asa sebab bukan karena iman. Orang yang beriman bakal mengikuti apa pun perintah Allah," tutur dia.

Bagi Ustaz Amir, manusia yang diberikan kemudahan menuntut ilmu dan sikap istiqamah patut bersyukur. Pasalnya, banyak orang yang suka membuang waktu dan melakukan hal sia-sia. "Beruntunglah kita yang digerak kan ke sebuah tempat untuk belajar memahami Alquran. Ini nikmat paling besar, setiap langkah kita menuju ilmu akan menjadi penghapus dosa. Tugas kita satu, agungkan Allah," ujar dia.

Kini justru lebih banyak orang yang berfokus mencari makan daripada mencari ilmu. Padahal, Ustaz Amir menegaskan, mencari makan bagian dari keperluan, bukan kewajiban. Allah pun memberikan manusia batas dalam makan, tetapi tidak ada batas dalam ilmu. Semakin banyak makan, manusia akan semakin kenyang dan bertambah berat badannya.

Sementara, semakin banyak mencari ilmu, keimanan dan kebahagiaan seseorang akan semakin luas. "Allah Mahatahu apa yang kita butuhkan. Allah ciptakan langit dan bumi sudah dengan panduannya, tetapi sayang banyak manusia tidak mau ikut pada Allah. Adapun yang sudah ikut, namun tidak maksimal. Itulah yang membuat orang banyak masalah," ujar Ustaz Amir. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قُلْتُمْ يٰمُوْسٰى لَنْ نَّصْبِرَ عَلٰى طَعَامٍ وَّاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ مِنْۢ بَقْلِهَا وَقِثَّاۤىِٕهَا وَفُوْمِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۗ قَالَ اَتَسْتَبْدِلُوْنَ الَّذِيْ هُوَ اَدْنٰى بِالَّذِيْ هُوَ خَيْرٌ ۗ اِهْبِطُوْا مِصْرًا فَاِنَّ لَكُمْ مَّا سَاَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ ࣖ
Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.” Dia (Musa) menjawab, “Apakah kamu meminta sesuatu yang buruk sebagai ganti dari sesuatu yang baik? Pergilah ke suatu kota, pasti kamu akan memperoleh apa yang kamu minta.” Kemudian mereka ditimpa kenistaan dan kemiskinan, dan mereka (kembali) mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.

(QS. Al-Baqarah ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement