Kamis 19 Sep 2019 07:01 WIB

Netanyahu Batal Hadiri Majelis Umum PBB

Muncul spekulasi pembatalan tersebut berkaitan dengan situasi politik di Israel.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Janji Netanyahu.
Foto: Republika.co.id
Janji Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (18/9) waktu setempat membatalkan kunjungannya menghadiri majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74 di New York, Amerika Serikat. Hal ini diketahui dalam sebuah pernyataan resmi dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (19/9).

Muncul spekulasi pembatalan tersebut berkaitan dengan situasi politik di Israel yang baru saja melewati masa pemungutan suara dalam agenda pemilihan umum. Partai Likud yang dipimpin Netanyahu dilaporkan gagal meraih suara mayoritas dalam pemilu itu.

Baca Juga

Israel mengadakan pemilihan umum kedua pada tahun ini, karena kegagalan Netanyahu membentuk pemerintahan dalam pemilu sebelumnya. Banyak kalangan berharap soal kemungkinan pemilu putaran ketiga jika krisis pembentukan pemerintahan berlanjut.

Data terakhir yang dirilis Komisi Pemilihan Umum Pusat menunjukan Blue and White memiliki 32 dari 120 kursi. Lebih banyak dibandingkan Likud yang memiliki 31 kursi. Perhitungan ini berdasarakan 63 suara dengan tingkat partisipasi 69,4 persen.