Rabu 16 Oct 2019 09:10 WIB

IMF: Pertumbuhan Ekonomi Global Terus Melemah

IMF kembali memangkas perkiraan pertumbuhan global 2019 menjadi tiga persen

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi
Foto: pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (15/10) kembali memangkas perkiraan pertumbuhan global untuk 2019 menjadi tiga persen dalam laporan World Economic Outlook (WEO) yang baru dirilis. Angka perkiraan itu turun 0,2 poin persentase dari perkiraannya pada Juli.

Kepala ekonom IMF Gita Gopinath mengatakan dalam konferensi pers di kantor pusat IMF bahwa pertumbuhan ekonomi global terus melemah dengan meningkatnya hambatan perdagangan dan meningkatnya ketegangan geopolitik. "Pertumbuhan juga dibebani oleh faktor-faktor spesifik negara di beberapa ekonomi emerging markets, dan kekuatan struktural seperti pertumbuhan produktivitas yang rendah dan demografi yang menua di negara maju," kata Gopinath.

Baca Juga

Ekonomi negara-negara maju terus melambat menuju potensi jangka panjang mereka, dengan pertumbuhan diturunkan menjadi 1,7 persen tahun ini, dibandingkan dengan 2,3 persen pada 2018, laporan itu menunjukkan.

Pertumbuhan negara emerging markets dan ekonomi berkembang juga telah direvisi turun menjadi 3,9 persen untuk 2019, dibandingkan dengan 4,5 persen tahun lalu.