Senin 16 Dec 2019 02:20 WIB

Kemensos Kucurkan Bantuan Banjir Solok Selatan

Bantuan yang dikucurkan Kemensos ke Solok Selatan senilai Rp 1,6 miliar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Warga melihat kondisi jembatan rusak akibat banjir bandang di Nagari Pakan Raba
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warga melihat kondisi jembatan rusak akibat banjir bandang di Nagari Pakan Raba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial menyalurkan bantuan tanggap darurat dalam bencana banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumaera Barat senilai Rp 1,6 miliar. Bantuan akan diperuntukkan buat ribuan warga terdampak bencana banjir yanh melanda sejumlah kecamatan di Solsel pada Jumat (13/12). Bantuan akan disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

"Tim Kemensos sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Solok Selatan untuk penanganan korban dan mengamati situasi terkini. Selanjutnya mengirimkan petugas perlindungan sosial korban bencana alam dari pusat untuk assessment kebutuhan," kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara di Jakarta, Ahad (15/12) melalui siaran pers yang diterima Republika.

Baca Juga

Seperti diketahui terjadi banjir bandang sebanyak dua kali pada 20 November dan 13 Desember di  wilayah Kabupaten Solok Selatan. Banjir terjadi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo.

Wilayah terdampak mencakup Nagari Pakan Rabaa Timur, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Nagari Pasar Muaro Labuah, Nagari Pasir Talang Selatan, Nagari Koto Baru, Nagari Pasir Talang, Nagari Lubuk Ulang Aliang, Nagari Lubuk Ulang Aliang Selatan, Nagari Lubuk Ulang Aliang Tangah.