Ahad 29 Dec 2019 16:25 WIB

Emil Ajak Warga Jabar Muhasabah Saat Malam Tahun Baru

Emil meminta hura-hura saat malam tahun baru dikurangi.

Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, saat mengunjungi Pesantren Nur Assa
Foto: Bayu Adji / Republika
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, saat mengunjungi Pesantren Nur Assa

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau warganya untuk menahan diri saat merayakan pergantian tahun masehi. Ia mengatakan, malam pergantian tahun lebih baik dilakukan dengan introspeksi diri ketimbang melakukan hal yang tak banyak manfaatnya.

"Muhasabah lebih baik. Hura-hura dikurangi," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Kota Tasikmalaya, Ahad (29/12).

Baca Juga

Menurut dia, muhasabah itu penting untuk mengingat perilaku negatif yang pernah dilakukan dalam setahun belakangan. Perilaku negatif itu, tidak boleh terulang lagi pada tahun berikutnya. 

Sementara itu, ia juga meminta masyarakat untuk terus memertahankan perbuatan baik yang sudah dalam satu tahun terakhir. Bahkan ditingkatkan jika memungkinkan. Masyarakat juga diajak untuk memiliki niat menata kehidupan yang lebih baik pada 2020 mendatang. 

"Yang penting kuatkan niat di tahun masehi 2020 hidup lebih baik. Yang jelek tinggalkan, yang bagus lanjutkan," ujar dia.

Senada dengan Emil, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengimbau warganya untuk tidak melakukan kegiatan yang bersifat hura-hura saat malam pergantian tahun. Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya juga akan menggelar itikaf di Masjid Agung Tasikmalaya pada malam tahun baru.

"Dari jam 7 malam sampai subuh kita itikaf, supaya orang bisa berbondong-bondong ke masjid. Daripada pasang mercon atau terompet, kita lebih baik itikaf mencari ridho Allah," ujar dia.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement