Selasa 07 Jan 2020 03:07 WIB

993 Perwira Ikuti Dikcabpa Kodiklatad

Pendidikan kecabangan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Perwira siswa TNI AD

Rep: Djoko Suceno/ Red: Esthi Maharani
Perwira TNI
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Perwira TNI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 993 perwira mengikuti Pendidikan Kecabangan Perwira (Dikcabpa) TNI AD tahun 2020 Abit Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Diktukpasus) tahun 2019. Upacara pembukaan Dikcabpa dipimpin Komandan Kodiklat Angkatan Darat  Letnan Jenderal TNI AM Putranto,  di Gedung Moch Toha,  Kodiklatad, Senin (6/1). Pembukaan dilakukan secara serentak melalui video conference di empat Pusdik yang berada diluar Bandung/Cimahi,  yaitu Pusdik Arhanud, Zeni, Kesehatan dan Penerbad.

Pembukaan Dikcabpa TNI AD TA 2020 Abit Diktukpasus ini diawali dengan paparan Paban Opsdik,  Kolonel Inf Herry . Dalam paparannya, Paban Opsdik menyampaikan bahwa Dikcabpa Abit Diktukpasus ini diikuti oleh 993 orang yang merupakan kelanjutan dari pendidikan sebelumnya.

‘’Pendidikan kecabangan ini bertujuan untuk  mengembangkan kemampuan  para Perwira  Siswa TNI  AD untuk  memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang kecabangan, jabatan dan kepelatihan Kecabangan TNI AD serta memiliki kondisi jasmani yang samapta,’’ kata Herry.

Sedangkan Komandan Kodiltadad dalam arahannya menyampaikan bahwa pendidikan yang dilaksanakan selama empat minggu ini sangat melelahkan,  baik pikiran maupun fisik.  “Siapkan fisik dan mental  serta tumbuhkan semangat, disiplin dalam belajar serta berlatih, sehingga mampu meraih prestasi setinggi mungkin, ‘’ kata Letjen Putranto dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id

 

Putranto mengtatakan, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pendidikan kecabangan  tidak hanya dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan profesionalisme. Lebih dari itu, kata dia, juga sekaligus sebagai bekal pengabdian di satuan.

“Jalin relasi dengan pembina maupun antar sesama siswa agar terjalin komunikasi dengan baik dan serap semua ilmu yang diberikan agar nantinya dapat diaplikasikan di satuan masing-masing,’’ tutur dia.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Kodiklatad, Mayor Jenderal TNI Eka Wiharsa, para Danpussen, Inspektur, para Direktur, dan para Danpusdik jajaran Kodiklatad.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement