Kamis 27 Feb 2020 06:45 WIB

Reorganisasi, KSAD: Tak Ada Lagi Pati yang tak Punya Jabatan

Reorganisasi TNI Angkatan Darat (AD) akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Reorganisasi dalam tubuh TNI Angkatan Darat (AD) akan direalisasikan dalam waktu dekat. Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa, memastikan, dengan reorganisasi tersebut, tidak ada perwira tinggi (pati) yang tidak memiliki jabatan.

"Dan ini kali pertama nanti ruang jabatan baru untuk perwira tinggi tadi itu untuk pertama kalinya akan kita isi. Jadi ada tambahan ruang jabatan di dalam AD sendiri itu 239 perwira tinggi," jelas Andika di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

Baca Juga

Ia menjelaskan, awal tahun lalu tercatat ada 78 pati dan 502 kolonel yang tidak memiliki jabatan. Sejak saat itu, TNI AD membentuk tim kerja dan membentuk usulan kepada presiden untuk melakukan reorganisasi di tubuh TNI AD.

Keputusan presiden untuk hal tersebut akhirnya terbit pada akhir tahun lalu. "Kadi kebetulan timing-nya memang tepat karena rencana Wanjakti, ini ada Kasum TNI Letjen TNI Johny Supriyanto yang akan memimpin pra-Wanjakti. Itu hari Jumat besok," kata dia.

Menurut Andika, di dalam Wanjakti nantinya akan diputuskan dan dikeluarkan keputusan Panglima. Dengan demikian, tidak ada lagi pati yang tidak punya jabatan. Semua, kata dia, akan normal kembali.

"Dengan nanti diputuskan dalam Wanjakti, dikeluarkan keputusan Panglima. Praktis tidak ada lagi perwira tinggi yang akan tidak punya jabatan," ungkap dia.

Dalam mereorganisasi itu, TNI AD melakukan penambahan satuan-satuan yang ada di bawahnya. Andika mencotohkan, akan ada Komando Resor Militer (Korem) baru yang dibentuk, yakni Korem di Kalimantan Utara. Penjabat di tingkat Korem, kata dia, juga dinaikkan menjadi Pati berpangkat Brigadir Jenderal.

"Sekarang dijabat oleh perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal. Begitu seterusnya kebawah. Jadi ada jabatan kolonel dibawahnya, letkol, dan seterusnya," tutur Andika.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement