Jumat 28 Feb 2020 22:12 WIB

Guru Ajak Siswanya ke IBF untuk Tambah Wawasan

Tahun ini para guru mengajak muridnya dengan jumlah yang sangat banyak.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tampak suasana IBF 2020 Jumat (28/2)di JCC
Foto: dok Muhyidin
Tampak suasana IBF 2020 Jumat (28/2)di JCC

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara, Islamic Book Fair (IBF) 2020 telah berlangsung selama tiga hari di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Hingga Jumat (28/2), pameran ini masih banyak dikunjugi para pelajar maupun santri. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di lokasi, tampak rombongan pelajar yang datang dengan menggunakan bus. Setidaknya ada sekitar 50 lebih bus yang terparkir di dekat lokasi pameran. Di antara puluhan bis itu ditumpangi siswa-siswi SMPIT Ar-Rahmah Bogor. 

Salah satu guru SMPIT Ar-Rahmah Bogor, Rizki mengatakan, murid-muridnya memang setiap tahun diajak ke IBF. Namun, menurut dia, tahun ini para guru mengajak muridnya dengan jumlah yang sangat banyak. 

Dia mengatakan, tahun ini setidakya ada dua bus yang disiapkan untuk mengangkut siswa-siswi SMPIT Ar-Rahman dari Bogor ke lokasi IBF. Karena, menurut dia, para guru ingin agar membuka wawasan para murid. 

"Kita ajak ke IBF agar wawasan siswa kami bertambah. Apalagi di sini kan diskon besar-besaran," ujar Rizki kepada Republika.co.id saat mendampingi murid-muridnya di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/2). 

Guru bahasa Arab ini menjelaskan, para guru juga ingin meningkatkan budaya literasi siswa-siswa SMPIT Ar-Rahmah. Karena, penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi murid dalam mencapai kesuksesan.

"Kita ingin mengenalkan gimana suasana pameran buku Islam ini. Karena kan ini terbesar se-Asia Tenggara. Kita juga ingin meningkatkan literasi siswa," kata Rizki. 

IBF 2020 ini diselenggarakan Ikapi DKI Jakarta dan telah dibuka sejak Rabu (26/2) lalu. Di hari ketiga ini, IBF banyak menyelenggarakan berbagai acara menarik di panggung utama. Di antaranya, lomba syarhil kutub antar pesantren, bedah buku "Dan Bidadari  Pun Cemburu", serta peluncuran novel "Merdeka Sejak Hati". 

Bahkan, di hari ketiga IBF juga menghadirkan pasangan suami-istri yang ahli fikih, yaitu Ustaz Sarwat dan Ustazah Aini Aryani. Pendiri Rumah Fikih Indonesia ini menjadi pembicara talkshow dan diskusi buku "Apa Kata Islam tentang Perempuan; Istri Bukan Pembantu". 

Di akhir pekan ini, IBF juga akan banyak menghadirkan pembicara dan penulis kenamaan lainnya. Pada Sabtu (29/2) besok misalnya, IBF menghadirkan Ustaz Bobby Herwibowo, Novelis Haabiburrahman el Shirazy, pakar ekonomi syariah Oni Sahroni, dan putri Ustaz Yusuf Mansur yaitu Wirda Mansur. 

Pada Ahad (30/2), IBF juga akan menggelar acara bedah buku dan peluncuran buku menarik. Bahkan, di hari terakhir IBF akan menghadirkan Ustaz Abdul Somad dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof KH Nasaruddin Umar.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement