Kamis 19 Mar 2020 16:50 WIB

Wisma Atlet Bisa Rawat Pasien Covid-19 Mulai Senin Depan

Wisma Atlet Kemayoran diharap bisa menampung 1.000 hingga 2.000 pasien.

Red: Yudha Manggala P Putra
Sejumlah petugas berjaga di depan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Antara/Aditya Pradana Putra)
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sejumlah petugas berjaga di depan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3/2020). (Antara/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menyatakan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, bisa mulai digunakan untuk merawat pasien terjangkiti virus corona (Covid-19) mulai Senin (23/3) pekan depan.

Hal ini menjadi salah satu kesimpulan dari rapat terbatas terkait laporan gugus tugas penanganan Covid-19 dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3).

"Presiden telah memberi tugas ke Menteri BUMN dan Menteri PUPR untuk menyiapkan Wisma Atlet tanggal 23 (Maret) atau hari Senin yang akan datang, diharapkan bisa menampung 1.000-2.000 orang pasien," ujar Doni.

Para pasien yang dirawat di Wisma Atlet akan ditangani Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I dan Kementerian Kesehatan. Pemilihan Kogabwilhan I karena satuan militer ini telah berpengalaman untuk penanganan Covid-19 seperti dalam proses pemulangan Warga Negara Indonesia dari Wuhan, China, hingga ratusan Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess maupun World Dream.