Rabu 25 Mar 2020 19:05 WIB

Cegah Corona, Muhaimin Ajak Kader PKB Terapkan Nyepi

Muhaimin Ajak Kader PKB Terapkan Nyepi

Red: Muhammad Subarkah
Muhaimin Iskandar
Foto: DPP PKB
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu yang merayakannya. Muhaimin pun menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kader PKB ikut melaksanakan aktivitas Nyepi yang penuh makna. Yakni melakukan catur brata di tengah hiruk-pikuk kehidupan dunia yang sedang berduka atas wabah Virus Corona (Covid-19).

"Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata menjadi momen spiritual, rohani dan jasmani, ketika kita semua penuduk bumi dihantui wabah Virus Corona," ujar Muhaimin dalam rilisnya yang dikirim ke Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (25/3).

Muhaimin yang juga Wakil Ketua DPR RI menjelaskan Catur Brata meliputi amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Dengan melaksanakan Hari Raya Nyepi, jelas Muhaimin, semua masyarakat Indonesia menjalankan arahan pemerintah dan WHO untuk melakukan isolasi diri, jaga jarak, dan mencintai lingkungan dan bumi.