Kamis 02 Apr 2020 16:26 WIB

Menangkal Corona dengan Shalat dan Puasa

Selain physical distancing, Muslim wajib lebih mendekatkan diri kepada Allah

Rep: Andrian Saputra/ Red: A.Syalaby
Ustadz Bobby Herwibowo berpose untuk Republika  pada gelaran Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (1/1).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Ustadz Bobby Herwibowo berpose untuk Republika pada gelaran Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID,Covid-19 menghantui manusia di berbagai belahan dunia. Puluhan ribu nyawa meninggal setelah terinfeksi virus tersebut. Hingga kini, belum ada negara yang berhasil menemukan anti virus untuk melawan covid-19.

Namun di tengah kondisi ini, seorang mukmin diajarkan untuk tidak berputus asa. Memaksimalkan ikhtiar dengan disertai tawakal adalah kunci datangnya pertolongan Allah SWT.  

Selain berupaya melakukan berbagai hal untuk mencegah diri dari terinfeksi virus corona, semisal  physical distancing,  seorang muslim wajib untuk lebih mendekatkan diri memohon pertolongan kepada Allah. Caranya yakni dengan sholat. 

Pimpinan Askar Kauny, Bobby Herwibowo menjelaskan sholat merupakan spirit dari pada peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.  Sholat menjadi satu-satunya ibadah yang diperintahkan Allah secara langsung kepada Nabi Muhammad. Karenanya sholat mempunyai segudang keistimewaan. Menurut ustaz Bobby sholat adalah pertolongan Allah kepada hambanya.