REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembuat mobil Prancis PSA akhirnya memilih jalur penjualan daring. Hal itu sudah lebih dulu dilakukan sejumlah pabrikan di dunia dalam menyiasati situasi pandemi Covid-19 yang membuat semua orang diajurkan berkegiatan di rumah.
PSA mengabarkan, ruang pamernya ditutup untuk mematuhi langkah-langkah sanitasi terkait dengan pandemi. PSA pun terus mengembangkan berbagai layanannya di Webstore-nya, kata PSA, dikutip Senin.
Penawaran pembiayaan sekarang tersedia di situs Peugeot Store dan pada akhir April di Citroën Store dan DS Store, yang diluncurkan awal tahun ini. Penjualan online PSA sejauh ini baru tersedia di Prancis dan akan segera di perluas ke negara lain di Eropa maupun di luar Eropa.
Beberapa inisiatif belanja online lokal juga sedang berlangsung dengan Opel/Vauxhall, terutama di Inggris Raya, Jerman, dan Belanda.
"Metode pembelian kendaraan baru ini telah diuji dan divalidasi oleh karyawan kami," kata Thierry Koskas, direktur penjualan dan pemasaran Grup PSA.
Saat ini, 89 persen penjualan PSA kepada para karyawan di Prancis, yang terbiasa dengan model-model dalam tiga merek itu, dilakukan secara online. Di situs web baru tiga merek di bawah PSA itu, pemesanan hanya membutuhkan beberapa klik, dengan tawaran cicilan kredit mulai dari 83 euro per bulan.