Rabu 29 Apr 2020 19:43 WIB

Piala Thomas dan Uber Digelar 3-11 Oktober 2020

PBSI akan menyusun strategi dalam lima bulan ke depan.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Piala Thomas dan Uber.
Piala Thomas dan Uber.

REPUBLIKA.CO.ID, AARHUS -- Kejuaraan bulu tangkis beregu paling bergensi di dunia, Piala Thomas dan Uber 2020 akan digelar pada 3-11 Oktober. Tempat tidak berubah tetap di Aarhus, Denmark. Hal ini diumumkan oleh Badminton World Federation (BWF) pada Rabu (29/4). Akibat pandemi Covid-19, Piala Thomas dan Uber 2020 sempat dua kali diundur. Sebelumnya Piala Thomas dan Uber dijadwalkan pada 16-24 Mei 2020, kemudian diundur menjadi 15-23 Agustus 2020 sebelum akhirnya ditetapkan 3-11 Oktober.

Kondisi tuan rumah ternyata tak memungkinkan untuk melaksanakan Piala Thomas dan Uber 2020 tanggal tersebut karena Pemerintah Denmark mengumumkan larangan mengumpulkan orang dalam skala besar hingga akhir Agustus 2020.  BWF dan Asosiasi Badminton Denmark telah menentukan bahwa bulan Oktober dirasa waktu yang paling tepat untuk Piala Thomas dan Uber.

Seperti tertulis dalam siaran pers yang dirilis BWF, hingga saat ini, BWF dan Badminton Denmark telah berdiskusi dengan WHO (World Health Organization) dan para ahli kesehatan, bahwa akan sangat sulit untuk menyelenggaraan turnamen sebesar Piala Thomas dan Uber sebelum bulan September.

Terkait pengumuman ini, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) masih belum bisa menentukan langkah-langkah strategis dalam kejuaraan bergengsi tersebut. Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto mengatakan, PP PBSI masih menunggu informasi jadwal turnamen sebelum perhelatan Piala Thomas dan Uber 2020.