Rabu 06 May 2020 00:55 WIB

UMKM Disarankan Fokus pada Kebutuhan Konsumen Saat Pandemi

UMKM diharapkan terus berinovasi dan berkreasi.

UMKM Disarankan Fokus pada Kebutuhan Konsumen Saat Pandemi. Foto pelaku UMKM (ilustrasi).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
UMKM Disarankan Fokus pada Kebutuhan Konsumen Saat Pandemi. Foto pelaku UMKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Kiryanto menyarankan pelaku UMKM fokus pada kebutuhan konsumen agar mampu bertahan di masa darurat Covid-19. “Fokus pada kebutuhan konsumen,” kata Kiryanto dalam acara diskusi online Forwada bertajuk “Update UMKM: Jurus Bertahan Selama Pandemi Covid-19”, Selasa (5/5).

Ia juga menyarankan pelaku UMKM terus berinovasi dan berkreasi baik di level produk maupun layanan sesuai dengan perubahan preferensi dan perilaku konsumen. Kemudian, UMKM diharapkan terus melakukan riset dan pengembangan dalam meningkatkan daya tahan ketika krisis melanda.

Baca Juga

“Tidak boleh cepat berpuas diri karena persaingan akan semakin keras. Lalu, persiapkan generasi berikutnya untuk menjadi pemimpin UMKM masa depan yang lebih tangguh,” katanya.

Ia juga berpesan UMKM menjaga hubungan baik dan timbal balik dengan vendor, pemasok, dan distributor. Hal yang tak kalah penting, yakni berhimpun dalam organisasi UMKM sebagai sarana mengembangkan jejaring dan bisnis.

“Berkolaborasi dengan perbankan sebagai mitra strategis untuk sumber pembiayaan, informasi, dan pendampingan pengembangan usaha,” katanya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement