REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) kembali menyalurkan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak Covid-19.
Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Bogi Witjaksono menyampaikan, UMKM termasuk salah satu sektor terdampak dari pandemi COVID-19 ini. Aksi ini sejalan dengan imbauan pemerintah untuk meningkatkan kepedulian dan solidaritas saling membantu termasuk kepada pelaku UMKM.
"Aksi peduli dan saling berbagi ini adalah wujud kepedulian dari Telkom Indonesia, kepada UMKM dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kami berharap dengan adanya paket sembako ditambah beberapa produk UMKM lokal dapat mengurangi beban dari saudara-saudara kita dari Sabang hingga Merauke,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (22/5).
Dalam aksi itu, Telkom membagikan 4.000 paket bingkisan berupa sembako dan produk-produk UMKM kepada 900 UMKM binaan RKB yang terdampak.
Selain itu, juga dibagikan 3.100 paket kepada masyarakat sekitar RKB, melalui 43 RKB yang tersebar dari Sabang hingga Merauke serta Kepulauan Siau Sulawesi Utara hingga Pulau Alor NTT.
Sebagai informasi, Telkom sejak 2010 telah membentuk Divisi Business Service (DBS) sebagai bagian dari Direktorat Enterprise & Business Service yang khusus melayani segmen UMKM, dimana RKB adalah unit dari DBS yang dikhususkan untuk melakukan pembinaan pada UMKM skala ultra mikro dan mikro.
Hingga saat ini, Telkom telah membangun RKB di 46 Kabupaten/Kota dari Sabang hingga Merauke, dimana terdapat 14.126 UMKM telah bergabung sebagai binaan RKB. RKB memiliki jenjang pembinaan, mulai dari Go Modern, Go Digital hingga Go Online.
"Untuk pembinaan UMKM, lebih dari 9.000 UMKM binaan RKB telah berhasil naik kelas dari yang tadinya masih menjalankan bisnis secara konvensional, kini telah menikmati transaksi penjualan melalui sosial media dan market place atau Go Digital maupun Go Online," kata Bogi.
Di tengah pandemi Covid-19 ini, lanjut dia, RKB semakin gencar membantu UMKM untuk segera memanfaatkan berbagai aplikasi digital dalam menjalankan bisnisnya.
Dalam pelaksanaan aksi sosial tersebut, RKB juga menyalurkan berbagai sumbangan dan bingkisan takjil dari UMKM binaan yang masih eksis dalam menjalankan bisnisnya untuk dibagikan bersamaan dengan aksi sosial dari Telkom itu sendiri.