Kamis 04 Jun 2020 06:00 WIB

Halima Eden Luncurkan Masker untuk Pengguna Hijab

Halima Aden menemukan cara untuk membantu pekerja medis berhijab.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Model keturunan Somalia-Amerika Halima Aden berkolaborasi dengan perusahaan tekonologi Anywear untuk meluncurkan lini masker.
Foto: EPA
Model keturunan Somalia-Amerika Halima Aden berkolaborasi dengan perusahaan tekonologi Anywear untuk meluncurkan lini masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Model sekaligus Duta Unicef Halima Aden berkolaborasi dengan perusahaan tekonologi Anywear untuk meluncurkan lini masker. Alat pelindung diri itu bisa dipakai dengan nyaman oleh siapa saja, terutama pengguna hijab. Tiap pembelian masker juga akan disertai dengan donasi masker untuk rumah sakit.

"Menemukan cara untuk membantu pekerja di garda terdepan merupakan sesuatu yang penting untuk saya," ujar model yang sempat bekerja sebagai petugas kebersihan kamar pasien di rumah sakit ini, seperti dilansir Today.

Baca Juga

Aden memutuskan untuk bekerja sama dengan Anywear karena ingin meringankan masalah yang dihadapi oleh para pekerja di garda terdepan akibat penggunaan masker dalam jangka panjang. Salah satunya adalah masalah iritasi pada kulit wajah.

Desain masker yang ramah terhadap pengguna hijab merupakan ide yang diusulkan oleh Aden. Semi-finalis dalam kontes kecantikan Miss Minnesota USA ini mengatakan, saat ini banyak perempuan berhijab yang bekerja di rumah sakit. Menurut Aden, penting untuk memastikan bahwa mereka bisa menemukan kenyamanan di tengah jam kerja yang sangat panjang.

"Perempuan-perempuan ini tak lagi perlu ke kamar mandi untuk menyesuaikan hijab mereka dan melepas masker dari balik hijab dan belakang telinga mereka," jelas Aden.

Selain memberikan kenyamanan, desain masker yang ramah untuk pengguna hijab ini juga dapat mempersingkat waktu bagi petugas medis berhijab untuk mengganti masker mereka. Tiap menit yang bisa dihemat sangat berarti dalam situasi seperti ini di rumah sakit.

"Ini tak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga mempersingkat waktu untuk perempuan pengguna hijab," ungkap Aden.

Masker keluarannya terbuat dari bahan kain organik yang memudahkan penggunanya untuk bernapas. Selain itu, tiap masker juga disertai tambahan tali sehingga bisa dipakai dengan cara melingkarkan talinya ke kepala.

Masker ini memiliki variasi warna yang luas dan tiap setnya dibanderol dengan harga 45 hingga 52 dolar AS. Untuk setiap pembelian satu set masker, akan ada satu set masker yang didonasikan untuk rumah sakit.

Co Founder Anywear dan Editor Conde Nast Emily Shippee mengatakan, ide kolaborasi ini datang ketika dia sedang meliput para pekerja di garda terdepan. Shippee mengatakan, setuju dengan ide berkolaborasi ini tanpa perlu berpikir panjang.

"Ketika kami tahu bahwa Halima pernah bekerja di rumah sakit dan platform apa yang dia dukung, tak perlu berpikir panjang untuk berkolaborasi dengan dia," ujar Shippee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement