Selasa 21 Jul 2020 16:10 WIB

Mesir Bantah Hancurkan Pemakaman Islam Kuno

Pemakaman Islam kuno di Mesir dinyatakan Mesir tak dihancurkan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Mesir Bantah Hancurkan Pemakaman Islam Kuno. Foto ilustrasi: Katakomba atau pemakaman bawah tanah di Alexandria, Mesir.
Foto: Egypt Today
Mesir Bantah Hancurkan Pemakaman Islam Kuno. Foto ilustrasi: Katakomba atau pemakaman bawah tanah di Alexandria, Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir pada Senin (20/7), membantah klaim yang beredar di media sosial bahwa, pemakaman, dan artefak Islam kuno dihancurkan untuk memberi jalan bagi proyek pembangunan jembatan.

Dilansir dari laman Arab News Selasa (21/7), dalam sebuah pernyataan, Kepala Sektor Barang Antik Islam, Koptik dan Yahudi, Osama Talaat mengatakan, rumor itu sama sekali tidak benar. Gambar makam yang muncul di situs jejaring sosial bukanlah monumen bersejarah yang terdaftar.

Baca Juga

Dia mengatakan, meskipun makam dalam gambar berasal dari zaman yang lebih baru, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Barang Antik Mesir masih memerintahkan pembentukan komite teknis ilmiah untuk memeriksa batu nisan. Kemudian juga melihat kemungkinan untuk menampilkan beberapa dari mereka di museum.

Barang antik yang berasal dari lima abad di Kota Orang Mati di Kairo merupakan di antara barang-barang berharga, yang menurut poster online telah dirusak. Sebuah kampanye online, diluncurkan di Facebook, telah kritis terhadap skema untuk membangun jembatan melalui Pemakaman Gurun Mamluk.

Aktivis dan jurnalis, Khaled Abdel-Hadi mengatakan, makam Mamluk merupakan bagian dari arsitektur Islam Mesir yang terkenal di dunia. Tindakan penghancuran  akan menghapus aspek-aspek kunci dari sejarah negara itu.

Arkeolog, Hisham Auf menunjukkan bahwa kuburan yang dihancurkan untuk membuat jalan bagi jembatan itu berada di situs arkeologi yang terdaftar semenjak 2009. Dan itu melanggar hukum untuk merusaknya.

Dia mengatakan, kuburan-kuburan itu berasal dari 1920-an, dan berisi mayat pasha, mantan perdana menteri Mesir, dan anggota intelejensia Mesir yang berperang selama Revolusi Mesir 1919 melawan pendudukan Inggris. Auf mengatakan, ini menjadikan daerah itu bagian dari sejarah modern dan juga sejarah kuno.

Wilayah ini secara keseluruhan mengalami perubahan, yang semuanya bertentangan dengan hukum karena hal ini dirusak dengan sejarah Mesir dan janji internasional Mesir untuk UNESCO.

"Memang benar bahwa selama pembangunan Jalan Salah Salem selama masa (Mesir) Presiden Gamal Abdel Nasser bagian kuburan telah dihapus, tetapi ini tidak mengesahkan apa yang terjadi sekarang dan tidak berarti apa-apa dalam perdebatan tentang kuburan," kata dia.

"Kami diberitahu hanya 10 hari yang lalu tentang keputusan untuk menghancurkan. Itu adalah laporan resmi dan dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab atas makam keluarga ibuku di El-Ghafir, di mana penerimaan dua kamar dan ruang kosong yang besar akan dihancurkan," kata Auf.

Dia melanjutkan, karena makam berada di pinggir jalan, kuburan itu sendiri masih aman. Dia tidak mengetahui apakah harus memindahkan sisa-sisa jasad, sedangkan Negara tidak memberi kami kuburan alternatif.

Auf mengatakan, beberapa orang telah dapat mengatur agar jasadnya dipindahkan tetapi yang lain sedang berjuang.  "Kakek buyut saya telah membeli kuburan kedua di daerah yang sama, tetapi dia menyumbangkannya. Kuburan kedua ini kemungkinan besar akan berakhir dihancurkan dan tidak ada yang akan memindahkan tulang yang ada di sana," kata Auf.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada tawaran kompensasi. "Ini bukan proses memindahkan kuburan.  Ini adalah pembongkaran kuburan, yang merupakan perilaku yang tidak dapat dipertahankan. Saya muak dengan upaya untuk mempertahankan hari yang menyedihkan ini dalam sejarah Kairo," ucap Auf.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَوْلَا نُزِّلَتْ سُوْرَةٌ ۚفَاِذَآ اُنْزِلَتْ سُوْرَةٌ مُّحْكَمَةٌ وَّذُكِرَ فِيْهَا الْقِتَالُ ۙرَاَيْتَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ يَّنْظُرُوْنَ اِلَيْكَ نَظَرَ الْمَغْشِيِّ عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِۗ فَاَوْلٰى لَهُمْۚ
Dan orang-orang yang beriman berkata, “Mengapa tidak ada suatu surah (tentang perintah jihad) yang diturunkan?” Maka apabila ada suatu surah diturunkan yang jelas maksudnya dan di dalamnya tersebut (perintah) perang, engkau melihat orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit akan memandang kepadamu seperti pandangan orang yang pingsan karena takut mati. Tetapi itu lebih pantas bagi mereka.

(QS. Muhammad ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement