Rabu 29 Jul 2020 18:08 WIB

Pemkab Indramayu Terima Bantuan Kendaraan Lab PCR

Dengan adanya kendaraan lab PCR ditargetkan bisa swab 250 warga per hari

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani
Alat PCR. Ilustrasi
Foto: Umarul Faruq/ANTARA FOTO
Alat PCR. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Pemkab Indramayu menargetkan pemeriksaan swab terhadap 250 warga mulai awal Agustus 2020. Hal itu setelah Pemkab Indramayu menerima bantuan kendaraan laboratorium PCR atau Bus Rapid Deployment Lab-2.

Bantuan kendaraan tersebut diserahkan oleh Tim Pakar GTTP/Satgas Covid-19 Nasional, HM Naser kepada Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, di Pendopo Indramayu, Rabu (29/7).

‘’Kami berterima kasih karena diberikan bantuan kendaraan laboratorium PCR,’’ ujar Taufik.

Taufik menyatakan, kendaraan tersebut akan mulai dioperasikan secara penuh mulai Senin (3/8) mendatang. Untuk saat ini, akan dilakukan pelatihan terlebih dulu bagi para operatornya. Ada 12 orang petugas yang disiapkan untuk mengoperasikan kendaraan laboratorium itu.

‘’Insya Allah setelah Idul Adha kita akan langsung melakukan pemeriksaan. Kita targetkan 250 pemeriksaan per hari,’’ kata Taufik.

Dengan kendaraan laboratorium PCR itu, terang Taufik, hasil pemeriksaan swab bisa langsung diperoleh dalam waktu satu hari. Dengan demikian, bisa lebih secara dini mendeteksi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Pemeriksaan akan diprioritaskan terlebih dulu untuk perkantoran, petugas kesehatan, TNI, Polri, dan pesantren-pesantren.

Hingga Rabu (29/7), total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu mencapai 50 kasus. Dari jumlah itu, delapan pasien masih dalam perawatan, 38 pasien sembuh dan empat pasien meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement