Kamis 27 Aug 2020 19:30 WIB

Depok Permudah Pengurusan Pindah Domisili Baru

Warga yang pindah diupayakan langsung mendapatkan KK dan KTP-el.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el)
Foto: Antara/Rahmad
Ilustrasi KTP elektronik (KTP-el)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok terus berupaya mewujudkan visi pelayanan yang mudah dan cepat. Salah satunya dengan mempermudah warga yang ingin mengurus surat pindah ke Kota Depok agar langsung mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP elektronik (KTP-el).

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widyawati mengatakan, pihaknya akan mempermudah kepemilikan KTP-el berdomisili Depok. Asal, semua persyaratan dapat dilengkapi oleh pemohon.

"Pelayanan yang membahagiakan warga adalah tujuan kami. Asal persyaratan yang lengkap bisa dipenuhi, dalam satu permohonan pindah datang bisa langsung diterbitkan KK dan KTP-el," ujar Nuraeni di Balai Kota Depok, Kamis (27/8).

Menurut Nuraeni, kemudahan tersebut sudah mulai dilakukan sejak awal Agustus 2020. Semenjak itu, pihaknya telah melakukan sosialiasi kepada masyarakat yang ingin mengurus kepindahannya ke Kota Depok. Kemudahan itu juga sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan.

"Mengurus pindah datang sudah melalui aplikasi WhatsApp (WA), nanti petugas akan memberi informasi ada tambahan persyaratan selain surat keterangan pindah dan KTP asli dari daerah asal. Seperti melampirkan buku nikah atau akta nikah, akta kelahiran, dan mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pindah datang," jelas Nuraeni.

Nuraeni menambahkan, selama masa pandemi Covid-19, pihaknya berupaya menyederhanakan pelayanan. Dengan demikian, masyatakat tidak perlu lagi ke kelurahan maupun dinas setelah mengurus kepindahannya ke Kota Depok.

"Jadi bukan Surat Keterangan (Suket) lagi yang kami keluarkan. Namun, langsung KK dan KTP-el-nya. Semua ini sesuai visi Disdukcapil Kota Depok yakni pelayanan yang membahagiakan warga," pungkas Nuraeni.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement