Senin 07 Sep 2020 06:29 WIB

Dosen UBSI Kenalkan Docker untuk Mobile Application

Kebutuhan akan mobile application semakin meluas.

Red: Irwan Kelana
Dosen UBSI Pontianak memperkenalkan Docker untuk pengembangan mobile application.
Foto: Dok UBSI
Dosen UBSI Pontianak memperkenalkan Docker untuk pengembangan mobile application.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kebutuhan akan sebuah sistem informasi yang mempermudah dan membantu kegiatan manusia semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Teknologi sistem informasi yang dulunya hanya bisa diakses menggunakan laptop atau notebook, kini bisa diakses dalam genggaman tangan dengan memanfaatkan smartphone. Sehingga, kebutuhan akan mobile application semakin meluas.

Atas dasar itu, Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak, menggelar workshop daring, bertajuk ‘Pemanfaatan Docker Sebagai Arsitektur Aplikasi Berbasis Microservice’. Ade Hendini, dosen Kampus UBSI Pontianak dihadirkan sebagai narasumber.

Ade menjelaskan, mobile application adalah proses pengembangan aplikasi untuk perangkat genggam (ponsel). Aplikasi ini sudah tersedia dari pabrikannya. Namun, bisa juga di download oleh pelanggan dari toko aplikasi dan dari distribusi perangkat lunak mobile platform yang lain.

Untuk membangun mobile application,  dia menambahkan, ada teknologi yang memberikan solusi untuk membangun sebuah aplikasi yang efesien dan efektif dalam proses pengembangannya, yakni 'Microservice'.