Sabtu 12 Sep 2020 15:06 WIB

Sudin SDA Jaktim Perbanyak Sumur Resapan Hadapi Musim Hujan

Proses pembangunan sumur resapannya dilakukan langsung ke Satgas SDA tiap kecamatan

Rep: amri amrullah/ Red: Hiru Muhammad
Sumur Resapan. Petugas Dinas Sumber Daya Air saat menyelesaikan pembangunan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (26/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sumur Resapan. Petugas Dinas Sumber Daya Air saat menyelesaikan pembangunan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jelang masuk musim penghujan tahun ini, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin) Jakarta Timur terus memperbanyak pembuatan sumur resapan untuk menyerap limpasan air banjir. Tercatat sejak Januari-September 2020, Sudin SDA Jakarta Timur telah membangun sebanyak 290 sumur resapan. 

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto mengatakan, pembangunan sumur resapan tersebut dilakukan oleh pihaknya di sepuluh kecamatan. "Dari target 500 sumur resapan, yang sudah selesai 290 sumur, sisanya kami targetkan rampung pada November ini," ujarnya, Sabtu (12/9).

Dituturkan Puryanto, untuk proses pembangunan sumur resapannya dilakukan langsung ke Satgas SDA masing-masing kecamatan. "Harapannya, sumur resapan ini bisa meminimalisir genangan dan banjir," terangnya. 

Sementara itu Satgas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Matraman, Jakarta Timur juga telah membangun sebanyak 13 sumur resapan. Hal itu disampaikan Koordinator Satgas SDA Kecamatan Matraman, Agus.