Kamis 17 Sep 2020 13:13 WIB

Ilmuwan Ungkap Kepunahan yang Picu Keberadaan Dinosaurus

Kepunahan terjadi 233 juta tahun lalu dan membawa zaman dinosaurus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Dinosaurus Paha Geledek (ilustrasi)
Foto: mirror.co.uk
Dinosaurus Paha Geledek (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  WUHAN -- Peristiwa kepunahan massal meninggalkan jejak yang sangat besar di belakangnya. Kepunahan massal mengubah lanskap planet saat petak spesies baru masuk menggantikan mereka yang binasa akibat perubahan tersebut.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances telah mengungkapkan peristiwa kepunahan massal yang sebelumnya tidak diketahui, yang terjadi 233 juta tahun lalu dan membawa zaman dinosaurus.

Baca Juga

Dilansir di IFL Science, Kamis (17/9) dijelaskan, peristiwa itu dinamakan Carnian Pluvial Episode. Peristiwa tersebut diperkirakan kemungkinan besar didorong oleh letusan gunung berapi di Provinsi Wrangellia Kanada barat. Peristiwa itu  mengeluarkan gumpalan basal vulkanik yang tumpah untuk membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai pantai barat Amerika Utara.

Ini mengakibatkan hilangnya nyawa yang sangat besar, mendorong banyak tumbuhan dan hewan menuju kepunahan. Para penulis penelitian menjelaskan bahwa kehidupan tanaman yang bertahan kemungkinan terbukti merupakan hasil tipis bagi reptil herbivora yang bertahan, menggantikan kematian mereka dan membuka jalan bagi spesies baru.