REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Remojong Brebes terus melakukan upaya untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Inovasi pun terus dilakukan.
"Prinsip kami, membangun sinergitas. Kalau bukan atas dasar sinergitas pasti mustahil karena akan tertabrakan dan yang lainnya," ujar Humas UMKM Remojong Brebes Muhamad Samsul Khaeri Webinar bertema 'UMKM Berdaya di Masa Pandemi' yang digelar Republika, Kamis (17/9).
Ia tidak memungkiri, saat ini UMKM memang tengah terdampak pandemi. Sebab daya beli menurun, distribusi produksi terhambat, bahan baku terhambat, produksi juga terhambat.
Guna membantu pelaku usaha, UMKM Remojong Brebes akan meluncurkan Ermall Online. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan platform tersebut.
"Kalau Ermall Online sudah launch bisa semua berjualan di sana. Sekarang sudah soft launching nanti akan dilakukan grand launching," ucap Samsul.
Baginya, saat ini UMKM harus didorong kreatif. Misal saat ini sedang tren usaha distribusi sayuran.
"Banyak yang butuhkan itu, padahal sebelum Covid-19 permintaannya kecil. Setelah Covid-19 justru keinginan pasar atau harapan pasar sangat besar. Kita harus pintar cari peluang tersembunyi," ujar dia.