Rabu 30 Sep 2020 16:08 WIB

SIA Tawarkan Pengalaman Eksklusif tanpa Terbang

SIA tak jadi mengikuti tren flight to nowhere.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Singapore Airlines (SIA) menghadirkan layanan Discover Your Singapore di tengah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan industri penerbangan di seluruh dunia.
Foto: EPA
Singapore Airlines (SIA) menghadirkan layanan Discover Your Singapore di tengah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan industri penerbangan di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Beberapa maskapai penerbangan telah menggagas perjalanan tanpa destinasi demi memuaskan hasrat bepergian para pelancong. Mereka membawa penumpang terbang dari bandara untuk berkeliling lokasi dengan pemandangan menarik lalu kembali ke bandara asal tanpa singgah di manapun.

Singapore Airlines (SIA) tak jadi mengikuti trend "flight to nowhere" tersebut. Sebagai gantinya, SIA menawarkan layanan "Discover Your Singapore Airlines".

Baca Juga

Layanan itu terdiri dari makan di atas pesawat A380, tur eksklusif, serta menghadirkan makanan ala penerbangan SIA di rumah konsumen. Layanan ini muncul di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang melumpuhkan industri penerbangan di seluruh dunia.

Pada Mei, SIA Group melaporkan kerugian bersih tahunan pertama dalam 48 tahun terakhir. SIA Group juga memangkas sekitar 4.300 posisi, memengaruhi sekitar 2.400 staf.

"Ide untuk penerbangan tur singkat atau flight to nowhere awalnya dipertimbangkan, tapi ternyata tidak bisa direalisasikan setelah peninjauan ulang. Karena itu, kami menawarkan aktivitas unik bagi pelanggan setia kami selama ini,” demikian pernyataan SIA seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (30/9).

Berikut rangkaian layanan "Discover Your Singapore Airlines" yang mungkin bisa menjadi alternatif liburan selama pandemi Covid-19.

1. Makan di pesawat A380 @CHANGI

Selama dua hari di bulan Oktober, SIA akan mengoperasikan layanan makan siang di atas pesawat Airbus 380 (A380), yang disebut-sebut sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia. Pengunjung dapat memesan dari pilihan menu internasional SIA atau memilih dari menu Peranakan yang dirancang oleh koki Shermay Lee.

Pengunjung akan menerima diskon KrisShop, goodie bag edisi terbatas, dan hadiah tambahan jika mereka muncul dengan pakaian tradisional. Layanan ini akan beroperasi pada 24 Oktober dan 25 Oktober, dengan pemesanan dibuka pada 12 Oktober.

2. Tur

Bertepatan dengan liburan sekolah bulan November, SIA akan melakukan tur di balik fasilitas pelatihan dengan berbagai kegiatan yang ramah bagi semua anggota keluarga. Tur eksklusif ini juga akan berbagi tentang sejarah SIA yang berdiri sejak 70 tahun lalu.

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan pilot dan awak kabin serta mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan intensif yang mereka jalani. Anak-anak dapat terlibat dalam kegiatan membuat kerajinan tangan dan memeragakan menjadi awak kabin.

Karya dari kerajinan tangan itu boleh dibawa pulang. Pilihan makanan paling populer yang disajikan dalam penerbangan SIA juga akan dijual.

Tur akan diadakan pada 21, 22, 28, dan 29 November, dengan pemesanan dibuka pada 1 November.

3. SIA @HOME

Pelanggan juga dapat menunjukkan dukungan mereka untuk SIA dari rumah melalui layanan pengiriman makanan. SIA @Home akan menawarkan 10 menu masakan Perancis, Australia, Jepang, dan India yang menyajikan makanan kelas bisnis dan kelas satu.

Pelanggan akan diberikan "panduan digital" untuk menyiapkan makanan mereka di rumah, yang mencakup video kabin pesawat 360 derajat interaktif dan playlist yang dikurasi secara khusus. Pemesanan untuk SIA @Home akan dibuka pada 5 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement