Selasa 06 Oct 2020 15:45 WIB

Kena Covid-19, Trump Terlihat Buka Masker di Gedung Putih

Trump memutuskan meninggalkan rumah sakit tempat ia menjalani perawatan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump
Foto: AP/Alex Brandon
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan meninggalkan rumah sakit di mana ia menjalani perawatan Covid-19, Senin (5/10) waktu setempat. Dia pun dengan helikopter kembali ke Gedung Putih menyapa para pendukungnya mengenakan masker putih, dan sempat terlihat melepas masker.

Seperti diketahui, negara yang dipimpin Trump kini menjadi negara dengan angka tertinggi kasus dan kematian akibat Covid-19. Trump dan istrinya pun sempat menjalani perawatan karena terinfeksi virus yang bermuara dari Wuhan, Cina itu.

Baca Juga

Kembali ke Gedung Putih dalam citra yang penuh dengan nuansa otoriter, Trump menaiki tangga di South Portico, yang dihiasi dengan bendera Amerika. Trump melepas masker-nya, merapikan jasnya, mengangkat dagunya, dan memberi hormat kepada helikopter yang berangkat dalam foto yang beredar. Itu adalah salah satu momen paling aneh dalam sejarah kepresidenan modern.

Kemudian, dengan wajah yang masih tidak mengenakan masker, Trump, dalam adegan-adegan yang mungkin tidak pada tempatnya berjalan ke kediaman presiden, mencemari udara di dalamnya.