Jumat 16 Oct 2020 12:15 WIB

Muslim di Amerika Sulit Memperoleh Tes Covid-19

MCECC melakukan pengujian drive-thru Covid-19 secara gratis.

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Komunitas Muslim di Austin, Texas
Foto: VOA
Komunitas Muslim di Austin, Texas

REPUBLIKA.CO.ID, SAN ANTONIO -- Di San Antonio, Texas masih banyak masyarakat yang ketakutan menghadapi ancaman virus corona. Mereka sulit mendapatkan akses perawatan dan kesempatan pengujian tes Covid-19.

"Secara umum, menurut saya datanya sangat jelas dan itu benar-benar fakta sekarang, tidak seperti rumor bahwa ketidakadilan kesehatan memang ada," kata Presiden Asosiasi Perawat India San Antonio, Missam Merchant dilansir dari Fox San Antonio, pada Jumat (16/10).

Meskipun kasus Covid-19 tampak menurun secara lokal, namun akses ke pengujian masih terus menjadi rintangan bagi minoritas dan komunitas yang kurang terlayani. Salah satunya minoritas muslim dan juga para pengungsi.

"Alasan paling umum mengapa kita melihat ketidaksetaraan di sini, itu bisa jadi terkait dengan akses ke perawatan kesehatan sehingga orang tidak diasuransikan, mereka tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan bisa jadi karena transportasi, di mana mereka tidak memiliki transportasi untuk pergi ke tempat tujuan dan mencari perawatan kesehatan," kata Merchant.