Selasa 17 Nov 2020 12:40 WIB

Banyumas Dikepung Banjir dan Longsor, Ini Daerah Terdampak

Banjir di Kemranjen dan Sumpiuh bahkan sempat menggenangi jalur selatan 1 meter.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Banjir
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Hujan deras yang berlangsung sepanjang malam pada Senin (16/11) hingga Selasa (17/11) pagi, menyebabkan banjir dan longsor di berbagai lokasi wilayah Kabupaten Banjir. Longsor terjadi di wilayah dataran tinggi, seperti di wilayah atas Kecamatan Sumpiuh, Kemranjen, Pekuncemn dan Lumbir.

Sedangkan banjir terjadi di dataran rendah atau cekungan wilayah Kecamatan Lumbir, Purwojati, Kemranjen, Sumpiyuh dan Tambak.

Baca Juga

 ''Bencananya banyak banget. Bahkan di satu kecamatan, seperti di Kemranjen dan Sumpiuh, banjir dan longsor bisa terjadi sekaligus di wilayah kecamatan itu,'' jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Titik Puji Astuti, Selasa (17/11).

Dari pemantauan, banjir di wilayah Kemranjen dan Sumpiuh bahkan sempat menggenangi jalur selatan yang menghubungkan Kota Bandung dan Yogtakarta. Genangan banjir setinggi lebih dari 1 meter ini, menggenangi jalur selatan depan SPBU Desa Kedungpring Kecamatan Kemranjen hingga wilayah Sumpiuh sejauh 1 km.