Sabtu 28 Nov 2020 12:09 WIB

Dorong UMKM Go Digital, Menkop Tekankan Tiga Hal Penting

Transformasi digital serta pemanfaatan teknologi bagi UMKM merupakan keniscayaan.

Rep: iit septyaningsih/ Red: Hiru Muhammad
Menteri KUKM RI Teten Masduki memberikan sambutan saat kunjungan kerja di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Kamis (19/11). Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri KUKM RI Teten Masduki berkesempatan untuk mencanangkan Gerakan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi dan meluncurkan logo baru LPDB-KUMKM. Foto: Abdan Syakura/Republika
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri KUKM RI Teten Masduki memberikan sambutan saat kunjungan kerja di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Kamis (19/11). Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri KUKM RI Teten Masduki berkesempatan untuk mencanangkan Gerakan Inovasi dan Transformasi Digital Koperasi dan meluncurkan logo baru LPDB-KUMKM. Foto: Abdan Syakura/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menekankan, ada tiga hal penting yang perlu dicermati dalam upaya mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) go digital. Meliputi kapasitas usaha, kualitas produk, dan literasi digital. 

“Kapasitas usaha dari sisi UMKM harus berproduksi dalam skala besar dan ekonomis. Kemudian kualitas produk agar bisa bersaing dengan produk usaha besar di marketplace, dan literasi digital sebagai kemampuan UMKM melek digital seperti mengoperasikan perangkat, aplikasi, platform digital, dan lain-lain,” ujar Teten dalam sesi National Conference sebagai rangkaian acara Indonesia Creative Cities Festival yang digelar secara hybrid (daring dan luring) oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Kamis (26/11).

Ia berharap jejaring komunitas kreatif ICCN dapat mengambil peran aktif dalam membantu UMKM hadir di ekosistem digital mulai dari daerah. “Mari kita dampingi UMKM di kota atau kabupaten masing-masing dalam upaya mencari potensi pasar baru, menemukan model bisnis inovatif,” katanya. 

Teten pun mengucapkan selamat kepada ICCN atas penyelenggaraan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF)  2020 di Bali. Ia ingin momentum tersebut dapat dirayakan bersama sebagai bentuk konkrit sinergi antara komunitas, pelaku usaha, akademisi, pemerintah pusat dan daerah, serta media dalam upaya bersama memajukan UMKM Indonesia khususnya yang berkarya di ekonomi kreatif. 

“Saya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan Bank Indonesia yang telah mendukung kegiatan ICCF. Besar harapan saya agar sinergi, kerja sama dan kolaborasi bersama dalam upaya mengembangkan UMKM tanah air bisa terus kita tingkatkan,” katanya. 

Dalam kegiatan yang bertajuk 'UMKM Go Digital: From Local to Global Champion' itu, Teten juga menekankan dua aspek besar yaitu transformasi digital dan akses rantai nilai (value chain). Menurutnya, transformasi digital serta pemanfaatan teknologi bagi UMKM Indonesia merupakan keniscayaan. Saat ini terdata baru 16 persen UMKM yang hadir dalam ekosistem digital. 

“Kolaborasi menjadi elemen krusial yang harusnya menjadi keunggulan rekan-rekan jejaring ICCN,” katanya. Ia mengatakan untuk menghadirkan UMKM dalam rantai nilai maka harus ada rasio partisipasi rantai pasok global UKM Indonesia masih rendah 4,1 persen sebagaimana data ADB Institute pada 2020. 

Selain itu perlu menghubungkan UMKM ke rantai nilai salah satunya dengan perluasan pasar dan penyerapan produk UMKM. “Saya juga mengangkat tentang hadirnya tren konsumsi baru anak muda di seluruh dunia custom culture. Indonesia memiliki para empu-empu kreatif yang juga diisi oleh anak-anak muda,” katanya. 

Custom culture, kata dia, memungkinkan potensi kerajinan tangan Indonesia menembus pasar dunia. “Kita tetap harus menghadirkan standar kualitas produk yang tinggi, namun isu mass production bukan lagi harus menjadi hal yang membatasi potensi UMKM kita,” katanya. 

Dalam beberapa kesempatan pada 2020, Kemenkop dan ICCN banyak bersinergi dan berkolaborasi dalam menghadirkan local heroes UMKM di daerah-daerah. “Semangat kolaborasi inilah yang saya harapkan bisa terus kita jaga dan perbesar ke depannya. Ke depannya kita harapkan dan dorong terus agar jejaring komunitas kreatif ICCN juga berkoperasi, sehingga tidak hanya erat berkomunitas, namun juga tumbuh dan membesar bersama, memberdayakan masyarakat secara ekonomi dan berdampak positif secara sosial,” tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement