Ahad 13 Dec 2020 15:32 WIB

Dokter: Losion Bantu Atasi Efek Pengobatan Kanker pada Kulit

Pengobatan untuk menghambat penyebaran sel kanker menimbulkan efek pada kulit.

Red: Ratna Puspita
Dokter spesialis kulit dan kelamin Danang Tri Wahyudi mengatakan krim pelembab atau losion bisa membantu mengatasi efek pengobatan kanker pada kulit. (ilustrasi losion)
Foto: Republika.co.id
Dokter spesialis kulit dan kelamin Danang Tri Wahyudi mengatakan krim pelembab atau losion bisa membantu mengatasi efek pengobatan kanker pada kulit. (ilustrasi losion)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kulit dan kelamin Danang Tri Wahyudi mengatakan krim pelembab atau losion bisa membantu mengatasi efek pengobatan kanker pada kulit. Dia menjelaskan pengobatan untuk menghambat penyebaran sel kanker seperti kemoterapi menimbulkan efek samping pada kulit, rambut, dan kuku.

Menurut dia, kemoterapi dapat mengurangi produksi minyak, membuat kulit menjadi kering, dan mengganggu fungsi kulit dalam menjaga ketahanan tubuh. "Karena terganggu dari kering tadi, bahan-bahan dari luar akan masuk dan itu dapat menimbulkan rasa gatal. Penggunaan pelembab berupa krim atau losion dapat membantu (mengatasi) kulit kering atau pecah-pecah," kata dokter yang aktif di Ikatan Dokter Indonesia itu sebagaimana dikutip dalam siaran pers mengenai webinarYayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) yang diterima di Jakarta, Ahad (13/12).

Baca Juga

"Pelembab dapat digunakan tebal pada malam hari atau dibungkus dengan kaos kaki. Kenapa dibungkus, karena dengan dibungkus diharapkan pelembab tersebut meresap lebih ke dalam kulit sehingga dapat memberikan efek kelembaban yang lebih lama," kata ia menambahkan.

Ia juga menyarankan pasien kanker yang mengalami efek samping pengobatan pada kulit menghindari mandi dalam waktu lama. "Mandi dengan menggunakan air panas itu lebih baik. Kemudian gunakan sabun dengan pelembab dengan pH yang tidak basah," katanya.

Ia melanjutkan, "Setelah mandi segera gunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kapan waktunya? Waktunya adalah lima menit pertama. Jadi begitu selesai mandi, handukan, dan kira-kira dalam jangka waktu lima menit langsung menggunakan pelembab."

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰى ۗوَاِنْ تَدْعُ مُثْقَلَةٌ اِلٰى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ اِنَّمَا تُنْذِرُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ ۗوَمَنْ تَزَكّٰى فَاِنَّمَا يَتَزَكّٰى لِنَفْسِهٖ ۗوَاِلَى اللّٰهِ الْمَصِيْرُ
Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang dibebani berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul bebannya itu tidak akan dipikulkan sedikit pun, meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada (azab) Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka yang melaksanakan salat. Dan barangsiapa menyucikan dirinya, sesungguhnya dia menyucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah tempat kembali.

(QS. Fatir ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement