Kamis 18 Feb 2021 13:28 WIB

Sekelompok Pria Bersenjata Tembaki Sekolah Asrama di Nigeria

Pelaku penembakan juga menculik 42 orang termasuk 27 siswa Nigeria

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Siswa yang dibebaskan duduk bersama di Government House dengan siswa lain dari sekolah Menengah Sains Pemerintah, di Kankara, Negara Bagian Katsina, Nigeria, 18 Desember 2020. Sekitar 300 anak sekolah Nigeria dibebaskan setelah diculik dari sekolah mereka di barat laut Nigeria dalam serangan yang diklaim oleh kelompok teroris Islam Boko Haram, meskipun belum jelas apakah masih banyak siswa yang masih berada di tangan penculik mereka.
Foto:

Serangan itu terjadi dua bulan setelah orang-orang bersenjata menyerbu sekolah menengah di negara bagian Katsina barat laut, dan menculik hampir 350 anak laki-laki. Mereka kemudian diselamatkan oleh pasukan keamanan. Amnesty International mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pendidikan "diserang" di Nigeria utara.

“Pihak berwenang Nigeria harus segera bertindak untuk mencegah serangan terhadap sekolah, untuk melindungi kehidupan anak-anak dan hak mereka atas pendidikan,” ujar pernyataan Amnesty International.

Kelompok militan Boko Haram pernah melakukan penculikan di timur laut Nigeria yang bergolak. Sekitar 100 dari 270 lebih siswi yang diculik oleh Boko Haram dari kota Chibok pada tahun 2014 masih belum ditemukan. Serangan baru-baru ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang meningkatnya kekerasan oleh geng bersenjata, yang memicu kritik terhadap penanganan keamanan nasional oleh Presiden Buhari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement