Jumat 19 Feb 2021 21:16 WIB

Sucofindo Peduli Sesama bagi Korban Banjir

Bekerjasama dengan kelurahan setempat, Sucofindo menyalurkan sembako ke para korban

Sebagai wujud nyata dalam aksi S Peduli Sesama terhadap para korban bencana banjir yang merendam di kawasan kelurahan Rawajati Jakarta Selatan. Bantuan untuk para korban banjir diberikan secara langsung oleh Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial, Nuri Hidayat kepada Kepala Kelurahan Rawajati, Rudi Budijanto.
Foto: istimewa
Sebagai wujud nyata dalam aksi S Peduli Sesama terhadap para korban bencana banjir yang merendam di kawasan kelurahan Rawajati Jakarta Selatan. Bantuan untuk para korban banjir diberikan secara langsung oleh Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial, Nuri Hidayat kepada Kepala Kelurahan Rawajati, Rudi Budijanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Sebagai wujud nyata dalam aksi S Peduli Sesama terhadap para korban bencana banjir yang merendam di kawasan kelurahan Rawajati Jakarta Selatan. Bantuan untuk para korban banjir diberikan secara langsung oleh Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial, Nuri Hidayat kepada Kepala Kelurahan Rawajati, Rudi Budijanto.

PT Sucofindo (Persero) telah menyalurkan sejumlah bantuan sembilan bahan makan pokok untuk para korban terkena banjir. Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Sucofindo, Nuri menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Sucofindo terhadap sesama dan merupakan aksi kemanusiaan.

Pada kesempatan yang sama Nuri menyampaikan bahwa, “Sucofindo sebagai perusahaan BUMN memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat terutama dalam hal penanganan bencana alam dan pada musibah banjir ini telah menggenangi Kelurahan Rawajati yang berdampak kepada 56 Kepala Keluarga.”

Aksi Sucofindo Peduli selaras dengan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) yaitu terkait pada Prioritas kehidupan Sehat dan Sejahtera masyarakat sehingga Sucofindo sebagai BUMN memiliki kewajiban berkontribusi dalam hal kesejahteraan masyarakat. 

Nuri menjelaskan dalam proses pemberian bantuan ini, Sucofindo bekerjasama dengan kelurahan setempat terkait dengan bantuan yang dibutuhkan untuk para korban. “Kami langsung berkoordinasi dengan kelurahan setempat dan secara gerak cepat memproses terkait kebutuhan yang akan disalurkan.”

Melalui penyaluran bantuan ini diharapkan akan dirasakan secara langsung manfaatnya bagi para korban, “Kami sangat berharap dengan penyaluran bantuan tersebut dapat meringankan beban bagi para korban yang berdampak banjir,” tutup Nuri. 

Selain pada program Sucofindo Peduli Sesama, di tengah masa pandemi Covid-19 PT Sucofindo (Persero) juga menyediakan layanan jasa untuk industri Kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Selanjutnya, PT Sucofindo (Persero) juga menyediakan jasa layanan penyemprotan disinfektan sebagai upaya membantu dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

PT Sucofindo (Persero) juga melayani jasa pemastian dibidang CSR berupa konsultansi dan audit CSR berlandaskan ISO 26000 Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sebuah organisasi/perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingannya, antara lain konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan.

Sebagai perusahaan TIC (Testing, Inspection, and Certification), PT Sucofindo (Persero) juga menjaminkan keamanan produk untuk konsumen, terutama dalam pengujian informasi gizi dari berbagai macam produk makanan (Hasil olahan tepung, hasil olahan daging dan ikan, dan produk pangan lainnya) dan minuman (minuman kemasan, kopi dan teh, dan susu), dan minyak.

Di tengah pandemi ini PT Sucofindo (Persero) juga tetap beroperasi melayani pelanggan,  meski di beberapa Unit Kerja Pelayanan telah menerapkan bekerja dari rumah, namun dengan menggunakan teknologi informasi, hal tersebut tidak mengganggu pelayanan pelanggan. Sedangkan, untuk kegiatan operasional di lapangan, Sucofindo mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pegawainya.  Dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing.

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement