Selasa 23 Mar 2021 10:21 WIB

Gubernur Anies Resmikan SPAM Mookervart di Jakbar

Anies langsung mencoba air hasil olahan SPAM Mookervart yang rasanya segar.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyod Baswedan meresmikan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Mookervart, yang berlokasi di wilayah Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Daan Mogot, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (22/3), bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia.

Anies menyebut, sangat penting untuk memastikan kebutuhan air, khususnya air minum di Ibu Kota terfasilitasi dengan baik. "Alhamdulillah kita sungguh bersyukur bahwa pada Hari Air Sedunia tahun 2021 dirayakan dengan keberhasilan dan pencapaian berupa peresmian Sistem Pengolahan Air Minum Mookervart,” kata Anies dalam keterangan tertulis resminya, Senin.

Anies pun memastikan kelayakan air dari hasil olahan SPAM Mookervart dengan turut mencoba langsung meminumnya. Menurut dia, rasa dari air olahan itu sama seperti air minum kebanyakan, yakni tidak berasa dan tidak berbau.

"Saya melihat sendiri prosesnya dan bagi Bapak/Ibu yang nanti memanfaatkan air ini, Insya Allah airnya bukan hanya bersih, tetapi airnya layak minum dan saya sudah minum dan Alhamdulillah sejauh ini tidak ada apa-apa. Ketika saya mencoba, airnya tak berbau, segar," ucap Anies.

"Dan menggambarkan bila teknologi digunakan dengan tepat akan memudahkan hajat hidup orang banyak, sehingga kebutuhan air minum masyarakat di sini akan terpenuhi," kata Anies menambahkan.

Dia berharap, instalasi SPAM semakin hadir di banyak tempat. Sehingga, masyarakat di Jakarta memiliki akses air minum yang lengkap di manapun dan kapan pun, baik di daratan maupun kepulauan.

"Kami berharap, SPAM Mookervart bisa dijadikan model, dapat dikembangkan, baik ukuran dan jaringannya dan Jakarta memiliki 100 danau untuk sumber air selain sungai. Dan ini semua butuh keseriusan. Karena itu, apa yang sudah dikerjakan dapat dijadikan pelajaran, Insya Allah Jakarta jadi kota di mana warganya mendapat akses air minum dengan baik,” ujar Anies.

Adapun kapasitas produksi SPAM Mookervart sebanyak 10 lps dan akan melayani masyarakat hingga 9.700 pelanggan. SPAM Mookervart ditargetkan beroperasi setiap hari selama 24 jam dengan kualitas air olahan sesuai standar air minum pada Permenkes 492 tahun 2010.

 

SPAM Mookervart juga memiliki teknologi yang lengkap menggunakan sistem Moving Bed Bio Reactor (MBBR) yang mampu mengolah polutan organik dan amoniak dengan bantuan organisme yang tumbuh pada suatu media. Air baku yang dihasilkan akan diolah melalui proses Ultra Filtration yang menggunakan membrane untuk memisahkan semua partikel, seperti debu, bakteri, hingga virus.

Untuk memisahkan garam serta sisa polutan lainnya akan dilakukan dengan menggunakan teknologi riverse osmosis (RO), sehingga menghasilkan air berkualitas tinggi yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Pemprov DKI Jakarta telah menyinergikan program pelayanan air dalam upaya memenuhi kebutuhan air warga. Mulai dari pembangunan instalasi pengolahan air (IPA), pembangunan waduk sebagai sumber air baku, hingga tersedianya mobil tangki air dan kios air. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement