Sabtu 10 Apr 2021 08:40 WIB

Pembeli Sepatu Lil Nas X Bisa Dapatkan Pengembalian Uang

Nike menggugat MSCHF pada 29 Maret karena pelanggaran merek dagang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Nike Mag, Sneakers besutan Nike yang memiliki teknologi untuk mengikat tali sepatu sendiri. (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Nike Mag, Sneakers besutan Nike yang memiliki teknologi untuk mengikat tali sepatu sendiri. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan yang menjual Nike Air Max 97s akan membeli kembali sepatu pelanggan dengan harga penuh. Sepatu itu menampilkan simbol satanisme dan cairan merah di sol, yang diduga mengandung darah manusia.

Nike (NKE) menyelesaikan gugatan dengan MSCHF studio seni dan desain yang berbasis di Brooklyn di balik sepatu Satan bermerek Lil Nas X, yang membuat heboh media sosial. Nike mengatakan, perubahan dan penjualan itu tidak sah.

Sebagai bagaian dari perjanjian, MSCHF mengeluarkan penarikan sukarela untuk sepatu Satan, membeli kembali sepatu kets itu dengan harga jual 1.018 dolar AS (sekitar Rp 14,8 juta). Nike berharap, penarikan kembali sepatu itu akan menghilangkannya dari peredaran. Rincian lain dari peyelesaian tidak dirilis.

"Para pihak senang untuk melupakan perselisihan ini," kata juru bicara Nike dalam sebuah pernyataan dilansir Edition.cnn.com, Sabtu (10/4).

Nike menggugat MSCHF pada 29 Maret karena pelanggaran merek dagang, dengan tuduhan potensi kebingungan bagi pelanggan. MSCHF juga menjual sepatu "Yesus" pada 2019, yang terbuat dari sepatu kets Nike, dengan beberapa perubahan. Menurut perusahaan, sepatu itu mengandung air suci dari Sungai Yordan.

"Nike tidak ada hubungannya dengan sepatu Satan atau sepatu Yesus. Pembeli yang memilih untuk tidak mengembalikan sepatu mereka dan kemudian menghadapi masalah produk, cacat, atau masalah kesehatan harus menghubungi MSCHF, bukan Nike,” ujar Nike.

Sepatu Satan, yang menampilkan pentagram perunggu dan salib terbalik langsung terjual habis saat dijual pada bulan lalu. MSCHF hanya mengeluarkan 666 pasang. Studio mengatakan, darah dibubuhkan oleh karyawan MSCHF dengan alasan mereka senang berkorban untuk seninya.

Sepatu itu dirancang sebagai bagian dari kampanye pemasaran untuk lagu baru Lil Nas X, "Montero (Call Me By Your Name). "Rapper yang bernama asli Montero Lamar Hill itu mengunggah video ke akun resmi YouTube-nya berjudul "Lil Nas X Minta Maaf Atas Sepatu Setan", yang kini telah ditonton lebih dari 6,3 juta kali. MSCHF tidak menanggapi permintaan komentar tentang penyelesaian dengan Nike. 

 

Sumber:

 

https://edition.cnn.com/2021/04/09/business/lil-nas-x-satan-shoe-nike/index.html

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لِلْفُقَرَاۤءِ الَّذِيْنَ اُحْصِرُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ لَا يَسْتَطِيْعُوْنَ ضَرْبًا فِى الْاَرْضِۖ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ اَغْنِيَاۤءَ مِنَ التَّعَفُّفِۚ تَعْرِفُهُمْ بِسِيْمٰهُمْۚ لَا يَسْـَٔلُوْنَ النَّاسَ اِلْحَافًا ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ ࣖ
(Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah, sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Engkau (Muhammad) mengenal mereka dari ciri-cirinya, mereka tidak meminta secara paksa kepada orang lain. Apa pun harta yang baik yang kamu infakkan, sungguh, Allah Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 273)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement