Selasa 20 Apr 2021 20:12 WIB

Hubungan Antara Sikat Gigi dan Demensia

Bakteri di mulut berpengaruh terhadap penurunan kognitif seseorang.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer’s & Dementia: Diagnosis, Assessment & Disease Monitoring menemukan bahwa menyikat gigi secara teratur bisa berdampak buruk dalam menyebabkan demensia.
Foto: PxHere
Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer’s & Dementia: Diagnosis, Assessment & Disease Monitoring menemukan bahwa menyikat gigi secara teratur bisa berdampak buruk dalam menyebabkan demensia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer’s & Dementia: Diagnosis, Assessment & Disease Monitoring menemukan bahwa menyikat gigi secara teratur bisa berdampak buruk dalam menyebabkan demensia. Menurut penelitian yang dilakukan, kelimpahan bakteri dalam mulut tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penurunan kognitif di kemudian hari.

Bakteri periodontal subgingiva menggambarkan garis bakteri yang menempel pada gigi di bawah garis gusi. Dalam laporan baru, peneliti menetapkan korelasi yang kuat antara keberadaannya dan penumpukan protein amiloid yang terkait dengan Alzheimer dalam cairan serebrospinal (CSF) di otak.

Baca Juga

Bakteri mulut yang berbahaya diidentifikasi sebagai Prevotella, Porphyromonas, dan Fretibacterium. Menurut para peneliti, ini adalah laporan pertama dari hubungan antara bakteri periodontal subgingiva dan biomarker CSF dari patologi AD pada orang tua yang secara kognitif normal.

“Kami menemukan bahwa disbiosis periodontal subgingiva yang ditandai dengan peningkatan bakteri terkait periodontal dan penurunan bakteri terkait kesehatan yang terkait dengan penurunan CSF Aβ42 tetapi tidak dengan CSF P-tau,” tulis para peneliti dalam makalah studi, dilansir The Ladders, Selasa (20/4).

Hasil menunjukkan pentingnya mikrobioma oral secara keseluruhan, tidak hanya peran bakteri jahat, tetapi juga bakteri baik dalam memodulasi kadar amiloid. Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa bakteri mulut terlibat dalam ekspresi lesi amiloid.

Para peneliti mengajak 48 peserta yang berusia di atas 65 tahun, tanpa riwayat penyakit kognitif sebelumnya. Masing-masing memiliki kadar amiloid CSF yang diukur bersama sampel bakteri yang diambil dari bawah gusi.

“Sampel kami cukup homogen yang terdiri dari kognitif normal, berpendidikan, dengan kesehatan sistemik dan kebiasaan mulut yang baik. Semua pemeriksaan medis, neuropsikologi, pencitraan, pengumpulan CSF, dan gigi distandarisasi,” jelas tim peneliti.

Analisis tindak lanjut mengungkapkan bahwa peserta dengan tingkat deposit amiloid yang lebih tinggi di otak lebih mungkin untuk membuktikan ketidakseimbangan bakteri gusi di mulut mereka. Karena itu, lebih sedikit tentang jumlah bakteri berbahaya dan lebih banyak tentang disproporsinya dibandingkan dengan bakteri bermanfaat.

“Mekanisme tingkat akumulasi amiloid otak dan terkait dengan patologi Alzheimer rumit dan hanya dipahami sebagian,” kata tim peneliti lebih lanjut.

Studi menunjukkan pemahaman bahwa penyakit proinflamasi mengganggu pembersihan amiloid dari otak, karena retensi amiloid di otak dapat diperkirakan dari tingkat CSF. Perlu dicatat, bahwa 42 persen sampel membawa ekspresi gen yang terkait dengan pengembangan patologi AD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement