Sabtu 01 May 2021 12:32 WIB

Rayakan Hari Eropa, Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan

Eropa adalah tujuan yang sangat populer bagi pelajar dan peneliti Indonesia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Erik Purnama Putra
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket.
Foto: @DubesUniEropa
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari perayaan Hari Eropa yang diperingati pada 9 Mei setiap tahun, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia akan menyelenggarakan pameran pendidikan. Kegiatan virtual bertajuk "EU-Indonesia Scholarships Info Day 2021" itu berlangsung Ahad (2/5).

Acara mendatang diikuti 11 negara anggota Uni Eropa yaitu Belgia, Finlandia, Perancis, Jerman, Hungaria, Irlandia, Italia, Luxemburg, Belanda, Polandia, dan Swedia. Pengunjung pameran dapat bertemu dengan perwakilan pendidikan Eropa di ruang virtual.

Peserta dapat mempelajari tentang peluang beasiswa, pendaftaran universitas, kehidupan pelajar, dan banyak lagi. Sementara itu, webinar yang digelar akan menyampaikan informasi tentang skema beasiswa, persyaratan, manfaat, dan cara pendaftaran.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, menyampaikan penyelenggaraan acara juga bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional Indonesia. Itu menjadi harapan Uni Eropa memperluas hubungan dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satunya adalah melalui pemberian beasiswa bagi para pelajar Indonesia untuk studi di Eropa. Menurut Vincent, Eropa adalah tujuan yang sangat populer bagi pelajar dan peneliti Indonesia, dengan lebih dari 4.000 siswa menempuh studi di Eropa setiap tahun.

Sekitar 1.200 pelajar dan peneliti Indonesia menerima beasiswa dari negara anggota Uni Eropa. Melalui program Erasmus+ dari Uni Eropa, ada 200 dosen dan pelajar dari Eropa mengunjungi  perguruan tinggi di Indonesia untuk belajar atau mengajar.

"Perguruan tinggi di Eropa memiliki kualitas tinggi dan biaya kuliah yang terjangkau. Hampir semua universitas memiliki program studi dalam bahasa nasional dan bahasa Inggris, sehingga dapat diakses oleh pelajar Indonesia," ujar Vincent.

Pada pernyataan resminya, Vincent menyebut Eropa tetap terbuka bagi pelajar dan sarjana untuk belajar dan melakukan penelitian di Eropa di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, kegiatan "EU-Indonesia Scholarships Info Day 2021" sayang untuk dilewatkan.

 

Untuk pendaftaran dan informasi lengkap tentang EU-Indonesia Scholarships Info Day 2021, dapat mengunjungi situs www.eu-infoday.ehef.id. Dalam acara tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga akan mempromosikan beasiswa baru, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).n Shelbi Asrianti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement