Kamis 20 May 2021 13:00 WIB

Wapres Minta Kampus Berperan dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Maruf Amin berharap kampus dalam mendukung upaya mengatasi perubahan iklim.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap peran perguruan tinggi dalam mendukung upaya Indonesia dan negara di dunia mengatasi perubahan iklim. Wapres mengatakan, ini sejalan dengan Indonesia yang ikut dalam kesepakatan Paris Agreement untuk mengurangi emisi gas karbon dalam upaya membatasi kenaikan suhu global yang saat ini telah mencapai 2 derajat celcius.

"UIN Jakarta dan dunia pendidikan tinggi pada umumnya harus berkomitmen dan turut berkontribusi dalam upaya mencapai target nasional tersebut," kata Wapres saat orasi ilmiah secara daring di Perayaan Dies Natalis ke-64 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (20/5).

Wapres mengatakan, dukungan perlu karena Indonesia berkomitmen untuk menurunkan tingkat emisi karbon sebesar 26 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan bantuan internasional sampai dengan tahun 2030. Karenanya, Wapres mendukung Dies Natalis UIN tahun ini yang mengusung tema “Kampus Hijau”. Ia berharap dunia kampus ikut menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. 

"Yakni dengan menetapkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai kampus yang menerapkan keberlanjutan dan peduli terhadap lingkungan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement