Senin 24 May 2021 00:40 WIB

Leclerc Kecewa Berat Setelah Gagal Tampil di GP Monako

Masalah driveshaft menghalangi Leclerc start pada balapan di kampung halamannya itu.

Red: Israr Itah
Pembalap Ferrari Charles Leclerc.
Foto: AP/Jennifer Lorenzini/Reuters Pool
Pembalap Ferrari Charles Leclerc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Charles Leclerc harus menelan pil pahit pada Grand Prix Monako, Ahad (24/5). Masalah mekanik menghalanginya start pada balapan di kampung halamannya itu.

Sang pembalap Ferrari mengeklaim pole position pada Sabtu (22/5) sebelum menabrakkan mobil SF21 yang ia kendarai di pagar pembatas di dekat tikungan Swimming Pool, 18 detik jelang akhir babak kualifikasi. Ia pun dibuat cemas dengan kemungkinan kerusakan girboks setelah tabrakan yang cukup keras hari itu.

Baca Juga

Inspeksi pertama pascakualifikasi Ferrari tidak menemui kerusakan berarti, dipertegas dengan inspeksi lanjutan pada Ahad pagi. Leclerc sempat berlega hati mempertahankan pole position yang ia raih. Sebab apabila tim harus melakukan penggantian komponen girboks, maka Leclerc bakal mendapat penalti mundur lima posisi start.

Namun, drama kembali terjadi di menit-menit jelang start ketika tim menemui masalah driveshaft kiri di mobil Ferrari bernomor 16 itu. Mekanik tidak cukup waktu untuk memperbaikinya sebelum start sehingga Leclerc harus mundur.