Sabtu 05 Jun 2021 10:07 WIB

Tips Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat CV

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melangsungkan seminar bertajuk ‘Teknik Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja’ secara daring melalui zoom yang diikuti mahasiswa semester VI prodi Administrasi Bisnis, Kamis (3/6).
Foto: istimewa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melangsungkan seminar bertajuk ‘Teknik Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja’ secara daring melalui zoom yang diikuti mahasiswa semester VI prodi Administrasi Bisnis, Kamis (3/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melangsungkan seminar bertajuk ‘Teknik Menulis Curriculum Vitae dan Sukses Wawancara Kerja’ secara daring melalui zoom yang diikuti mahasiswa semester VI prodi Administrasi Bisnis, Kamis (3/6).

Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Co Founder PT Mitra Pembelajar Hendriyono Putra Bun, yang dipandu oleh moderator cantik, Ria Andriani. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI, I Ketut Martana dengan memberikan sambutan kepada seluruh peserta.

“Kegiatan ini diadakan agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menulis curriculum vitae dan sukses dalam wawancara kerja yang nantinya bisa menjadi bekal mahasiswa saat masuk dunia kerja,” tutur Ketut, Kamis (3/6).

Sementara itu, Hendri saat menyampaikan materi menjelaskan komponen utama yang harus ada pada  surat lamaran kerja yaitu, curriculum vitae, cover letter dan portofolio.

“Curriculum vitae menjelaskan identititas, latar belakang pendidikan, pengalaman, keterampilan, referensi dan lain-lain. Sedangkan cover letter menjelaskan ketertarikan kamu serta mengapa kamu memiliki kualifikasi untuk posisi yang ditawarkan,” pungkasnya.

Ia menambahkan, portofolio merupakan bukti dari kemampuan pengalaman dan hasil karya yang pernah dibuat. Selanjutnya, Hendri memberikan tips sukses wawancara kerja dengan cara mempersiapkan fisik, mental dan teknis, saat semua sudah dipersiapkan mereka harus tahu tipe-tipe wawancara kerja.

“Tipe-tipe wawancara kerja di sini yaitu tradisional, telepon, online, kelompok, job fair dan makan siang,” katanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement