Rabu 23 Jun 2021 14:54 WIB

Kasus Jamur Hijau Usik Penyintas di India, Terkait Covid-19?

Setelah jamur hitam, kasus jamur hijau ditemukan pada penyintas Covid-19 di India.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tes usap atau swab test Covid-19 di India. Kasus jamur hijau  ditemukan pada seorang pasien laki-laki penyintas Covid-19 di India.
Foto:

Pasien tersebut diketahui sempat dirawat di rumah sakit sekitar dua bulan lalu. Saat itu, ditemukan 100 persen infeksi virus corona pada paru sang pasien. Dia harus dirawat di ICU selama sekitar satu bulan akibat kondisi tersebut.

"Pasien pulih, tetapi kemudian dia mulai mengalami mimisan dan demam tinggi. Dia juga menjadi sangat lemah karena penurunan berat badan," papar Dr Dosi.

Seperti diungkapkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Aspergillus merupakan jenis jamur yang umum ditemukan di dalam atau luar ruangan.

Sebagian besar orang menghirup spora Aspergillus setiap hari tanpa menjadi sakit. Akan tetapi, orang-orang dengan sistem imun yang lemah atau dengan penyakit paru memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan, yaitu aspergillosis akibat jamur Aspergillus.

Ada beberapa tipe aspergillosis. Sebagian di antaranya merupakan tipe yang ringan, namun ada pula tipe aspergillosis yang dapat memicu masalah kesehatan sangat serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement