Kamis 24 Jun 2021 06:36 WIB

Mantan PM Pantai Gading Dihukum Penjara Seumur Hidup

Pengadilan Pantai Gading jatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada Guillaume Soro

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Pengadilan Pantai Gading jatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada Guillaume Soro. Ilustrasi.
Foto: Flickr
Pengadilan Pantai Gading jatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada Guillaume Soro. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ABIDJAN -- Pengadilan Pantai Gading menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mantan pemimpin pemberontak dan perdana menteri Guillaume Soro, pada Rabu (23/6). Dia dipenjara dengan tuduhan merencanakan kudeta terhadap Presiden Alassane Ouattara pada akhir 2019.

Vonis ditetapkan setelah Soro yang telah berada di pengasingan di Eropa selama sekitar dua tahun, didakwa dengan konspirasi dan percobaan serangan terhadap otoritas negara. Pengacara Soro sebelumnya mengatakan tuduhan itu bermotif politik dan tidak ada bukti yang menunjukkan kliennya bersalah.

Baca Juga

Dua terdakwa lainnya yang merupakan rekan dekat Soro yaitu Souleymane Kamagate dan Affoussy Bamba dijatuhi hukuman 20 tahun. Sementara dua saudara laki-laki Soro dan mantan ajudannya Alain Lobognon mendapat hukuman penjara 17 bulan atas tuduhan mengganggu ketertiban umum.

Pengadilan juga memerintahkan penyitaan aset Soro dan 19 rekan terdakwanya serta pembubaran Generasi dan Gerakan Solidaritas karena tindakan subversif. Pengadilan juga memerintahkan kepada para terdakwa untuk membayar denda senilai 179 juta dolar AS ke negara bagian Pantai Gading.

Kasus tersebut telah meningkatkan ketegangan di Pantai Gading. Soro, yang dianggap populer di kalangan penduduk muda, menjabat sebagai perdana menteri dan ketua parlemen di bawah Ouattara. Namun Soro dan Ouattara berselisih ketika presiden menjelaskan dia akan menentang ambisi bawahannya mencalonkan diri sebagai presiden.

Soro didakwa mengobarkan pemberontakan sipil dan militer ketika ia berencana kembali ke negara itu pada Desember 2019 untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Soro adalah salah satu dari sekitar 40 kandidat yang dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan Oktober 2020. Hal ini membuat Ouattara memenangkan masa jabatan ketiga yang kontroversial dengan meraih 94 persen suara.

Oposisi kemudian memboikot pemungutan suara. Mereka mengatakan masa jabatan ketiga Ouattara melanggar batas dua masa jabatan yang sah dan merusak proses demokrasi negara itu. Kubu presiden mengatakan amandemen konstitusi pada 2016 mengatur ulang batas dua masa jabatan presiden menjadi nol sehingga memungkinkan Ouattara untuk mencalonkan diri lagi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا شَهَادَةُ بَيْنِكُمْ اِذَا حَضَرَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ حِيْنَ الْوَصِيَّةِ اثْنٰنِ ذَوَا عَدْلٍ مِّنْكُمْ اَوْ اٰخَرٰنِ مِنْ غَيْرِكُمْ اِنْ اَنْتُمْ ضَرَبْتُمْ فِى الْاَرْضِ فَاَصَابَتْكُمْ مُّصِيْبَةُ الْمَوْتِۗ تَحْبِسُوْنَهُمَا مِنْۢ بَعْدِ الصَّلٰوةِ فَيُقْسِمٰنِ بِاللّٰهِ اِنِ ارْتَبْتُمْ لَا نَشْتَرِيْ بِهٖ ثَمَنًا وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۙ وَلَا نَكْتُمُ شَهَادَةَ اللّٰهِ اِنَّآ اِذًا لَّمِنَ الْاٰثِمِيْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila salah seorang (di antara) kamu menghadapi kematian, sedang dia akan berwasiat, maka hendaklah (wasiat itu) disaksikan oleh dua orang yang adil di antara kamu, atau dua orang yang berlainan (agama) dengan kamu. Jika kamu dalam perjalanan di bumi lalu kamu ditimpa bahaya kematian, hendaklah kamu tahan kedua saksi itu setelah salat, agar keduanya bersumpah dengan nama Allah jika kamu ragu-ragu, “Demi Allah kami tidak akan mengambil keuntungan dengan sumpah ini, walaupun dia karib kerabat, dan kami tidak menyembunyikan kesaksian Allah; sesungguhnya jika demikian tentu kami termasuk orang-orang yang berdosa.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 106)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement