Rabu 14 Jul 2021 23:44 WIB

Puan Minta Serapan Anggaran Covid-19 di Daerah Dipercepat

Angka serapan anggaran penanganan Covid-19 di daerah rendah

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua DPR, Puan Maharani , menyebut angka serapan anggaran penanganan Covid-19 di daerah rendah
Foto: ANTARA/Fauzan
Ketua DPR, Puan Maharani , menyebut angka serapan anggaran penanganan Covid-19 di daerah rendah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti angka serapan anggaran penanganan Covid-19 di daerah yang rendah di tengah lonjakan kasus yang belum berhenti sampai saat ini. Puan mendesak pemerintah memaksimalkan penyerapan anggaran ini.

"Di situasi darurat seperti sekarang, pemerintah pusat harus mendorong daerah untuk memaksimalkan penyerapan anggaran penanganan Covid-19," kata Puan dalam keterangan, Rabu (14/7).

Baca Juga

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, total dana untuk penanganan Covid-19 di daerah senilai Rp 50,1 triliun baru terserap 22,93 persen hingga akhir Mei 2021. Menurut Puan, realokasi dan refocusing anggaran harus dilakukan segera untuk menggambarkan situasi kedaruratan yang kini terjadi terkait pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Ini soal nyawa anak, ibu, bapak, dan kerabat. Ini juga soal ekonomi yang terasa semakin menghimpit. Berkejaran waktu menjaga harapan rakyat dengan pertaruhan keselamatan para tenaga kesehatan dan penghidupan banyak orang," katanya.