Kamis 15 Jul 2021 05:55 WIB

Madinah Dijaga dari Wabah dan Fakta Covid-19 Mencengangkan

Rasulullah SAW menjamin keamanan Madinah dari wabah

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW menjamin keamanan Madinah dari wabah. Ilustrasi Masjid Nabawi Madinah
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Rasulullah SAW menjamin keamanan Madinah dari wabah. Ilustrasi Masjid Nabawi Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kota Madinah atau yang sebelum datangnya Islam dikenal sebagai Kota Yatsrib adalah tanah yang istimewa bagi Umat Islam. Daerah ini adalah tempat Nabi Muhammad SAW berhijrah, tempat Islam berkembang pesat hingga disebut sebagai Haramain atau dua kota suci selain Mekkah.

Dari berbagai keutamaannya, ternyata daerah ini memiliki kelebihan yang tidak sedikit orang ketahui. Kelebihan yang dijelaskan Nabi Muhammad SAW sendiri, yakni terlindung dari wabah. Keterangan ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُولُ اللهِ - صلى الله عليه وسلم -: «أُمِرْتُ بِقَرْيَةٍ تَأْكُل الْقُرَى، يَقُولُونَ يَثْرِبَ، وَهِيَ الْمَدِينَةُ، تَنْفِي النَّاسَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ».

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Aku diperintahkan (untuk berhijrah) ke suatu tempat yang daya tariknya lebih dominan daripada tempat-tempat lain, yaitu kota Madinah, kota ini membersihkan manusia (yang jahat) sebagaimana alat tempa besi yang membersihkan karat besi." (HR Bukhari). Penjelasan ini juga dijelaskan dari riwayat lain dalam hadist Nabi.