Senin 02 Aug 2021 10:41 WIB

Perdaya Pasien Inseminasi, Dokter Tawarkan Ganti Rugi

Puluhan pasien hamil setelah jalani inseminasi buatan dengan sperma sang dokter.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi baru lahir (ilustrasi). Dr Norman Barwin, ahli fertilitas di Kanada, telah membuat pasiennya hamil dengan sperma yang salah, kebanyakan dengan spermanya sendiri. Dia menawarkan ganti rugi sebesar 10 juta dolar.
Foto:

Setelah beberapa sesi konsultasi dengan Barwin, Davina hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan bernama Rebecca pada tahun 1990. Selama beberapa dekade, keluarga tersebut percaya bahwa Daniel adalah ayah biologis Rebecca.

Baru pada tahun 2016, mereka mengetahui kebenarannya. Davina dan Daniel juga melihat kemiripan fisik antara Rebecca dan Barwin.

"Mereka secara khusus memilih donor sperma anonim dengan sifat dan karakteristik tertentu yang penting bagi mereka," kata dokumen tersebut.

Pada 2019, Barwin dinyatakan "tidak kompeten" oleh College of Physicians and Surgeons of Ontario. Terlilit banyak kasus yang berasal dari kejadian sejak tahun 1970, dia akhirnya mengundurkan diri dari perguruan tinggi pada tahun 2014.

Barwin tak lagi praktik sejak itu. Namun, Pengadilan masih perlu menyetujui ganti rugi yang berjumlah 10 juta dolar AS dan akan meninjaunya dalam sidang pada November 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement