Senin 02 Aug 2021 14:37 WIB

Alumni Akpol 91 Gandeng JGC Bagikan Ribuan Paket Sembako

Selain itu Alumni Akpol 91 juga telah mengadakan program vaksinasi massal Covid-19

Red: Budi Raharjo
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan 1.500 paket sembako gratis kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
Foto: isitmewa
Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan 1.500 paket sembako gratis kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan 1.500 paket sembako gratis kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sebanyak 1.100 paket baksos di antaranya didistribusikan kepada masyarakat sekitar perumahan Jakarta Garden City (JGC) dan wilayah Jakarta Timur.

Untuk menghindari timbulnya kerumunan, pembagian paket sembako dilakukan dengan sistem drive-thru memanfaatkan layanan jemput dan antar (pengiriman) barang yang disediakan oleh aplikasi pengiriman online. Lokasi penjemputan paket sembako berada di Club House Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, yang dilakukan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. 

Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi menghadiri penyerahan bantuan ini dengan didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan para alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa lainnya. Kapolri mengatakan pelaksanaan pemberian bantuan sosial (bansos) ini sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat yang terdampak pandemi.

Sekaligus dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 Batalyon Bhara Daksa. "Hari ini saya mendapatkan laporan secara serentak telah membuka kurang-lebih 91 gerai untuk melaksanakan vaksin dengan sasaran 30 ribu masyarakat," ujar Kapolri.

Kapolri juga mengapresiasi rekan-rekan panitia yang sudah melaksanakan pembagian bansos yang dikemas melalui mekanisme secara online ini. Termasuk para alumni Akpol 91 yang telah menginisiasi kegiatan ini. "Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan panitia karena hari ini sedang merayakan ulang tahun angkatannya yang kemudian mencoba ikut melaksanakan program-program pemerintah salah satunya melalui vaksinasi dan membantu pemberian bansos kurang lebih 30 ribu paket," ungkapnya.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menuturkan, selain di Jakarta, baksos juga dilakukan oleh Alumni Akpol 91 Bhara Daksa di beberapa kota lainnya dengan membagikan puluhan ribu bansos. "Situasi pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi masyarakat. Semoga dengan digelarnya baksos hari ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 dan dalam masa penerapan PPKM,” ujar dia. 

Program acara bakti sosial pembagian sembako yang diberi nama “Gebrak Baksos Presisi Online” ini berupa pemesanan paket sembako melalui aplikasi layanan pengiriman barang secara online (Gojek/Grab/Lalamove/Anteraja), bisa untuk diri sendiri dan orang lain. Setelah dilakukan seleksi, verifikasi dan pengecekan oleh panitia, selanjutnya paket sembako yang telah dipesan didistribusikan kepada alamat tujuan yang diberikan pemesan.

Mekanisme pengecekan setiap pemesanan paket sembako baksos meliputi, validasi nomer handphone pemesan, driver ojek online dan tanda nomer kendaraan bermotor ojek online. Dalam program ini, bagi driver pengantar paket sembako juga mendapatkan 5 kg beras dan biaya pengiriman paket sepenuhnya ditanggung penyelenggara. Tidak diperkenankan memesan lebih dari 2 kali untuk paket sembako. 

Brigjen Pol Krishna Murti, perwakilan alumni Akpol 91 Batalyon Bhara Daksa mengatakan, pembagian paket sembako ini dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian para alumnus Akpol 1991. “Peringatan acara tidak dilaksanakan dengan sesuatu yang hingar-bingar melainkan kami lebih memilih untuk menggelar bakti sosial dan membagikan sembako kepada masyarakat yang mengalami kesulitan pada masa pandemi," katanya. "Semoga bantuan sembako ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat.” 

Menurut Krishna, alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa telah membagikan ratusan ribu paket sembako bantuan sosial. Selain itu juga telah mengadakan program vaksinasi massal Covid-19.

Direktur PT Modernland Realty Tbk, Dharma Mitra, mendukung penuh program pengendalian penyebaran Covid-19  yang dicanangkan pemerintah dan upaya-upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Ia berharap pandemi segera berakhir, perekonomian kembali pulih, dan bisnis properti kembali bergairah. "Tetap optimistis dan terus jalankan protokol kesehatan secara ketat,” ujar dia.

Komitmen Modernland Realty Membangun JGC tak terhalang pandemi. Di tengah pandemi Covid-19 yang memukul hampir semua sendi perekonomian, pengembang nasional ini terus menjalankan pembangunan berbagai jenis properti yang telah diluncurkan, baik residensial maupun komersial. Beberapa di antaranya bahkan kini sudah memasuki tahapan finishing. "Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement